Bentol di punggung bawah, apa saja penyebabnya?

G1 Info Penanya: G1, Pria, 15 Tahun
Dok, di punggung bagian bawah saya terdapat bentol-bentol yang sakit dan sedikit nyeri, alasannya kenapa yah?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, G.

Bentol-bentol bisa terjadi pada bagian kulit manapun, termasuk pada punggung. Bentol yang disertai dengan rasa nyeri paling sering disebabkan oleh herpes zooster, yaitu infeksi kulit yang disebabkan oleh virus Varicella zooster. Biasanya akan ada lebih dari satu bentol yang tampak melepuh, dan jaraknya berdekatan satu sama lain.

Selain herpes zooster, beberapa penyakit yang dapat menimbulkan gejala bentol pada punggung adalah:

Untuk memastikannya, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan secara tatap muka ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan fisik, dan penunjang apabila diperlukan. Dengan mengetahui penyebab pastinya, dokter akan memberikan penanganan yang sesuai untuk Anda.

Selain itu, pastikan Anda tidak menggaruk atau memencet bentol tersebut karena bisa memicu infeksi lanjutan. Hindari juga menggunakan pakaian yang terlalu ketat untuk sementara waktu, karena dapat menggesek bentol tersebut. Juga, mandilah dua kali sehari agar kebersihan kulit senantiasa terjaga, dan dapat terbebas dari penyakit kulit lainnya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dermatitis perioral adalah jenis dermatitis atau peradangan kulit yang terjadi di sekitar area mulut

Muncul Ruam Merah pada Area Mulut? Bisa Jadi Dermatitis Perioral

Dermatitis perioral adalah tipe dermatitis yang memicu ruam merah di area mulut. Belum jelas penyebab pasti dari dermatitis ini. Namun, beberapa kemungkinan biangnya yaitu obat kortikosteroid, krim wajah tertentu, kandungan kosmetik, hingga pasta gigi yang mengandung fluoride.