Bentol merah di kulit dan banyak

PA Info Penanya: PA, Pria, 2019 Tahun
Kok tiba" kulit saya jadi bentol merah gitu dan nambah banyak
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore PA

suatu bentol pada kulit menjadi tanda sedang adanya inflamasi atau peradangan pada kulit. kondisi tersebut sering disebabkan oleh reaksi alergi, sengatan atau terkena cairan tubuh serangga, infeksi bakteri atau reaksi imunitas tubuh. 

Pada bentol merah yang dicetuskan oleh reaksi alergi biasanya terjadi sesudah paparan alergen, seperti pasca memakan makanan yang alergi (ex udang, ikan, ayam), terkana paparan karet atau benda yang memicu reaksi alergi pada tubuh. Kondisi alergi juga dapat dicetuskan oleh reaksi suasana stress, panas atau terlalu dingin.

sementara pada gigitan serangga bentol merah umumnya bersifat gatal, panas hingga nyeri. Biasanya terdapat bekas gigitan, atau pasca terbangun tidur ada bercak merah di sekitar leher, selangkangan. 

Pada bentol merah akibat infeksi bakteri umumnya disertai rasa gatal dan nyeri, terkadang bentol disertai nanah. 

Pada beberapa kondisi reaksi imunitas tubuh juga dapat menunjukkan gejala bentol merah seperti psoriasis.

Saran saya jika terdapat bentol merah, dapat diberikan kompres dengan kassa basah jika lesis bersifat basah, jaga kebersihan, jangan dimanipulasi atau di pecahkan. Jika terasa gatal dapat mengkonsumsi antihistamin. Untuk tatalaksana lanjutan anda disarankan berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin (Sp.KK)

Salam Sehat

dr. Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kista ateroma tidak menular dan biasanya tidak menimbulkan nyeri

Benjolan Tidak Nyeri Namun Perlahan Membesar? Bisa Jadi Kista Ateroma

Munculnya benjolan di kulit bukan hanya bisul. Hal utama yang membedakan kista ateroma dan bisul adalah ada tidaknya infeksi bakteri.