21 Jan 2021, 07:50Kulit & Kelamin

Bentol kecil yg sangat gatal di kulit apa penyebabnya?

DN
Info Penanya: DN0
Dok sblmnya sy tdk punya alergi terhadap apapun, tp beberapa bln belakangan ini, tubuh sy khususnya dari paha sampai ke perut merasa gatal".. Bila digaruk bentol" kecilnya smakin banyak, jika tdk digaruk rasanya runyam sekali dok.. Sy sdh mencoba minum obat, mandi pakai asepso, dan pakai salep BL, tp tak kunjung sembuh, hanya bertahan sbntr saja. Mohon pencerahannya dok, terimakasih..
128 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam DNBegitu banyak permasalahn yang bsia didapatkan pada kulit, salah satunya adalah timbulnya bentol. Bentol-bentol yang kecil bisa muncul di bagian kulit manapun dan dapat membuat resah bagi yang mengalaminya.

Penyebab Bentol dan Gatal Di Kulit

Bentol-bentol gatal di kulit ini bisa disebabkan berbagai hal. Hal-hal penyebab bentol-bentol gatal antara lain:
Untuk mengetahui kemungkinan penyebab munculnya bentol-bentol ini harus dilakukan anamnesa (tanya jawab) dan pemeriksaan fisik terlebih dahulu. Dilihat ciri-cirinya dari bentuk dan jumlah bentol, apakah disertai cairan di dalamnya, warna kemerahan di sekitar bentol, adanya bagian pinggir yang lebih aktif dan sebagainya. Ada pula pemeriksaan penunjang seperti tes darah dan kerokan kulit pada bagian bentol yang gatal untuk dilihat di bawah mikroskop.Penggunaan obat-obatan dalam bentuk tablet ataupun krim bila tidak sesuai dengan sumber penyebab maka tidak akan membuahkan hasil dan bahkan bisa menimbulkan resistensi kuman terhadap obat. Sebaiknya konsultasikan mengenai keluhan anda langsung ke dokter spesialis kulit melalui chat. Anda juga bisa langsung memeriksakan kulit anda ke dokter spesialis kulit di klinik atau rumah sakit terdekat.Hentikan sementara penggunaan obat sebelum berkonsultasi dengan dokter. Mandi dengan sabun yang lembut seperti sabun bayi untuk menghindari iritasi pada kulit atau kulit kering. Hindari menggaruk karena akan memperparah keluah. Minum air putih banyak dan perbanyak konsumso buah dan sayur serta olahraga rutin 3-4x seminggu untuk kesehatan kulit dan tubuh.Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Pany CL
gatalkesehatan kulitinfeksi kulitdermatitiseksim atopik
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil