Bentol di kulit kaki bagian tumit dan sampingnya, terasa gatal. Apa penyebabnya?

PK Info Penanya: PK, Wanita, 25 Tahun
Kulit kaki saya bagian tumit dan sekitaran samping kaki saya suka gembung2 kecil berisi air dan gatal... Kenapa dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, PK

Gangguan di kaki Anda disebut kutu air / kurap namun sebetulnya penyebabnya adalah jamur tinea pedis. Penyebabnya karena kaki yang sering berkeringat dan menjadi gatal. Bisa juga berasal dari pakaian, sendal, lantai atau handuk. Untuk mengobatinya bisa menggunakan salep anti jamur yang bisa diresepkan oleh dokter.

Gejala selain gatal, bisa juga terasa perih dan panas. Kulit bisa kering, mengelupas dan pecah-pecah. Faktor resiko terkena penyakit ini jika sering menggunakan alas kaki / kaos kaki besah atau lembab. Berbagi sepatu, sendal, seprai, pakaian atau handuk. Serta terpapar dari tempat umum yang lembab seperti pemandian umum, tepi kolam renang, kamar ganti, sauna atau tempat fitness.

Pencegahannya dengan cara menjaga kebersihan kaki, sering mengganti kaus kaki, gunakan sepatu dengan sirkulasi udara yang baik, tidak boleh menggaruk, jangan berbagi barang dengan orang lain serta menjaga kaki tetap kering.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gatal di kemaluan pria dapat disebabkan oleh kondisi-kondisi tertentu

7 Penyebab Penis Gatal dan Ketahui Cara Mengatasinya

Gatal di kemaluan pria dapat disebabkan oleh infeksi jamur, penyakit kulit, atau infeksi menular seksual. Untuk mencegahnya, bersihkan penis dengan baik hingga hindari hubungan seksual yang tidak aman.