bentol besar dan keras hilang muncul disertai mata sulit melek

M Info Penanya: M, Pria, 35 Tahun
Selamat pagi, dokter saya ingin bertanyaAnak saya mengalami bentol bentol yang sangat besar dan keras ketika bentol di suatu bagian tubuh hilang muncul bentol serupa di bagian tubuh yang lain sudah 3 hari mengalami seperti itu bahkan sebelumnya beberapa bulan. Yang lalu hampir seluruh tubuhnya bentol bentol sampai matanya sulit untuk melek.setelah berobat dan pakai obat dokter sembuh tapi sekarang mulai bentol bentol lagi,saya mau tahu penyebabnya Dok dan saran dari dokter?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore M

Timbulnya bentol yang besar dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti reaksi alergi pada sesuatu, reaksi peradangan pada infeksi kulit, dan reaksi peradangan akibat penyakit auto imun. 

Biasanya bentol yang sudah sering hilang timbul di tubuh disertai sulit melek dapat terjadi akibat reaksi alergi angioedema/urtikaria. Kondisi ini tercetus akibat tubuh alergi, memicu respon radang pada kulit akibat paparan alergen seperti makanan, minuman, reaksi terhadap obat tertentu, alergi dingin atau panas, terkena zat kimia. 

Untuk tatalaksana utama reaksi alergi biasanya anda harus menghindari faktor yang mencetuskan seperti makan atau minuman pencetus, obat pencetus,serta hindari rasa stress.

Untuk obat-obatan biasanya dapat di kontrol dengan pemberian antihistamin, anti radang kortikosteroid. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter umum dahulu untuk memastikan penyebab bentol selanjutnya bisa di rujuk ke dokter spesialis penyakit dalam khusus alergi atau dokter spesialis kulit dan kelamin.

Salam sehat

dr.Zulham

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minyak kayu putih bisa meredakan gatal dan bentol pada kulit akibat alergi dingin

Benarkah Anak Gatal dan Bentol Salah Satu Tanda Alergi Dingin?

Alergi dingin timbul akibat reaksi kulit terhadap udara dingin, air dingin, benda yang dingin, dan makanan maupun minuman yang dingin. Akan tetapi, alergi dingin yang paling umum terjadi yaitu karena udara dingin. Tanda-tanda alergi dingin biasanya adalah kulit kemerahan, pusing, tangan bengkak, gatal, dan bentol-bentol.