Benjolan yang terasa nyeri di ketiak, badan panas, serta kepala pusing, apakah penyebabnya?

FA Info Penanya: FA, Wanita, 26 Tahun
dok, saya mau nanya, badan saya demam diikuti dengan adanya benjolan di ketiak sebelah kanan, dan itu jika disentuh sakit, badan saya panas tapi tidak terlalu tinggi, kepala pusing, hidung seperti hampir pilek, dan diketiak ada benjolan yg sakit ketika terkena gesekan, mohon infonya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, FA

Terima kasih atas pertanyaannya.

Hal yang Anda alami adalah abses kulit, yaitu suatu benjolan yang nyeri dan dikelilingi kulit berwarna kemerahan. Paling sering disebabkan karena infeksi dan di dalamnya mengandung bakteri, nanah dan jaringan sisa kulit. Bisa terjadi di mana saja namun yang paling sering memang di ketiak, sekitar anus dan organ intim, sekitar gigi dan di daerah panggul. Awalnya bisa karena peradangan suatu folikel rambut sehingga membentuk nanah dan menjadi bisul. 

Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke Dokter karena pada kebanyakan kasus tidak hanya memerlukan antibiotik tapi juga tindakan tambahan untuk mengeluarkan nanahnya. Hal-hal yang bisa Anda lakukan di rumah adalah dengan mengkompres hangat menggunakan handuk / kain selama 30 menit sebanyak 4x sehari. Jangan dipencet atau dipecahkan secara manual karena malah bisa mendorong infeksi semakin dalam di jaringan kulit. Apalagi mencoba menusuknya karena bisa melukai pembuluh darah dan infeksi masuk ke dalam darah.

Lebih jelasnya bisa dibaca di artikel mengenai penyebab benjolan di ketiak.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat antihistamin dan antibiotik dapat membantu mengatasi gatal karena biduran

Cara Tepat Mengatasi Gatal dan Bentol Akibat Biduran

Biduran adalah reaksi kulit berupa bentol, kemerahan dan gatal karena alergi. Mengobati rasa gatalnya dapat menggunakan obat antihistamin non-sedatif atau antibiotik.