benjolan setelah terkena campak di dekat teligan dan kedua selangkangan

W Info Penanya: W, Wanita, 25 Tahun
Dok bulan lalu sya terkena campak trusbada benjolan d dekat tekinga dan dikedua selangkangan, nah yg dekat telinga ilang to d selangkangan tidak. Kenapa ya dok? Saya harus bagaimana?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi W

Saat terkena infeksi termasuk virus campak tubuh mengaktifkan pertahanan imunitas, salah satunya dengan terjadi pembesaran kelenjar getah bening di seluruh tubuh termasuk KGB dekat telingan dan selangkangan. Biasanya setelah infeksi hilang KGB akan mengecil hingga tidak teraba lagi. 

Jika benjolan di selangkangan masih menetap, hal tersebut dapat menjadi tanda bahwa masih adanya infeksi, suatu kumpulan abses atau nanah, benjolan tumor, kanker, benjolan hernia inguinal, atau pembesaran KGB seperti pada kelainan darah. 

Sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan diri dengan dokter untuk memastikan sebab benjolan yang menetap di selangkangan. Anda dapat berkonsultasi dahulu dengan dokter umum untuk memastikan apakah perlu di rujuk ke dokter bedah (Sp.B) atau dokter spesialis penyakit dalam (Sp.PD)

Jangan memencet benjolan tersebut, jaga tetap bersih. Anda juga sebaiknya melakukan pola hidup sehat, perbanyak minum air putih, hindari rokok dan alkohol. 

Salam sehat

dr.Zulham Effendy

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Benjolan di testis dapat disebabkan oleh pembesaran pada pembuluh darah testis

Benjolan di Testis Menimbulkan Rasa Sakit, Apa Penyebabnya?

Benjolan di testis merupakan keluhan yang sering dialami oleh anak laki-laki maupun pria dewasa. Salah satu penyebabnya adalah varicocele atau pembesaran pada pembuluh darah testis. Kelainan lain juga dapat menyebabkan benjolan di testis, seperti infeksi, peradangan pada kulit atau pembuluh darah balik.