Benjolan seperti tahi lalat setelah sunat

SA Info Penanya: SA
Dokter ank saya setelah khitan ko' timbul benjolan seperti tahi lalat d bagian batang penisnya tp g gejala ap2...apakah aman???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SA,

Khitan atau sunat adalah tindakan membuang preputium pada ujung penis yang bertujuan untuk menjaga kebersihan penis. Karena bila masih ada preputium maka sisa urin sering tertinggal dan menimbulkan infeksi saluran kemih.

Ciri-ciri infeksi saluran kemih adalah ujung penis bengkak dan kemerahan (yang disebut dengan balanitis), nyeri ketika berkemih, kencing seperti tidak tuntas, panas.

Perihal benjolan yang muncul di batang penis setelah tindakan sunat, kemungkinan bisa disebabkan oleh masih ada bagian yang bengkak, ada yang infeksi, atau adanya jaringan parut berlebih.

Saran saya anak diperiksakan kembali ke dokter bedah yang menanganinya agar bisa dipastikan kondisinya bagaimana. Sementara benjolan bisa dikompres dengan air hangat dan beri paracetamol bila anak mengeluh nyeri

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada tiga infeksi menular seksual yang menjadi penyebab bintik merah pada penis, yakni sifilis, herpes genital, dan balanitis

Beberapa Penyebab Bintik Merah pada Penis Karena Hubungan Seks Berisiko

Hubungan seks berisiko dapat menimbulkan infeksi menular seksual. Pada pria, ciri-ciri yang dapat dikenali saat tertular infeksi menular seksual adalah bintik merah pada penis. Infeksi menular yang dapat menjadi penyebab bintik merah pada penis yakni herpes genital, sifilis, dan balanitis.