Apa penyebab benjolan seperti sariawan?

SR Info Penanya: SR, Pria, 19 Tahun
Selamat pagi dok, dibagian bibir bawah saya sebelumnya sariawan namun sudah 2 bulan tidak kunjung hilang dan sekarang malah membesar terdapat seperti darah beku di benjolan tersebut, tidak menyebar tapi hanya membesar dibagian yang sebelumnya terkena sariawan, apa yang harus dilakukan yaa dok agar benjolan ini mengecil dan hilang. terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SR,

Benjolan pada bibir yang awalnya berupa sariawan bisa disebabkan oleh adanya mucocele, ranula, herpes simpleks, atau impetigo. Mucocele dan ranula ini disebabkan oleh sumbatan pada kelenjar air liur di dalam mulut, sehingga dengan berjalannya waktu maka air liur tidak dapat mengalir dengan lancar dan timbul benjolan yang kadang bisa sembuh sendiri, namun kadang juga akan bertambah besar.

Sementara yang dapat Anda lakukan agar benjolan tidak semakin besar adalah :

  1. Hindari memecahkan benjolan.
  2. Hindari menggigit-gigit benjolan.
  3. Kompres benjolan dengan air hangat.
  4. Perbanyak konsumsi sayur dan buah.
  5. Minum multivitamin.
  6. Hindari makanan yang keras agar tidak melukai mukosa bibir.

Bila benjolan semakin besar, maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk memastikan apa penyebab benjolan yang Anda alami.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu bahaya memakai behel adalah kemungkinan makanan menjadi lebih mudah nyangkut

7 Bahaya Memakai Behel, Ini Cara Menghindarinya

Bahaya memakai behel semakin mungkin terjadi jika tidak tepat menjaga kebersihan gigi. Jadwalkan pemeriksaan ke dokter gigi secara berkala. Jika ada keluhan, sampaikan kepada dokter untuk mencari solusinya.