Benjolan seperti jerawat di bibir

C Info Penanya: C, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya ingin bertanya, saya sudah beberapa hari ada benjolan seperti jerawat tapi bukan jerawat di garis bibir bagian bawah. Lalu skrg bernanah. Itu kira2 kenapa ya dok? Dan harus pakai obat apa. Apakah saya harus ke dokter kulit?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang C,

Benjolan pada area sekitar bibir dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan penyebab seperti diantaranya:

  • Infeksi bakteri dapat timbul pada kulit sehingga membentuk benjolan atau pustula seperti jerawat, jika lebih besar dapat menjadi bisul atau abses yang berisi nanah. dapat disertai rasa nyeri, pembengkakan dan juga demam
  • Infeksi virus seperti molluscum contagiosum, herpes, dan lainnya
  • Reaksi alergi akibat penggunaan kosmetik ataupun konsumsi makanan atau minuman tertentu

Hindari untuk menekan atau memecahkan benjolan tersebut agar tidak timbul iritasi ataupun infeksi yang lebih berat. Upayakan tetap membersihkan wajah dengan sabun wajah yang ringan, gunakan penutup seperti masker agar benjolan tidak terpapar kotoran atau debu dan periksakan diri pada dokter atau dokter kulit untuk memastikan penyebabnya dan diberikan penangan baik pengobatan ataupun tindakan untuk mengatasi benjolan tersebut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Necrotizing fasciitis merupakan infeksi kulit langka akibat bakteri

Pahami Gejala Infeksi Kulit Necrotizing Fasciitis

Necrotizing fasciitis merupakan infeksi kulit langka akibat bakteri yang menyebar dengan begitu masif. Penanganan cepat menjadi kunci kesembuhan. Gerbang masuk ke tubuh manusia paling mudah bagi bakteri adalah saat ada luka terbuka, luka bakar, gigitan serangga, hingga luka pascaoperasi.