Benjolan seperti bisul di daerah sekitar anus

H Info Penanya: H, Pria, 29 Tahun
Salam Dok,Saya merasa perih di daerah pantat, dan ada benjolan dekat anus. Ukurannya kecil seperti bisul. Kenapa ya? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak H,

Sayang sekali informasi yang Bapak berikan sangat terbatas, informasi penting lainnya seperti apakah benjolan tsb berdarah saat BAB, sudah berapa lama benjolan muncul, dan apakah sudah pernah diobati, dll.

Namun secara umum dari informasi yang Bapak sampaikan, maka kemungkinan untuk jenis benjolan mungkin saja disebabkan oleh :

  1. Heemorhoid / Wasir
  2. Abses Perianal / Bisul
  3. Polyp

Haemorhoid / Wasir dibedakan menjadi 2 jenis yaitu :

  1. Haemorhoid Interna (Wasir bagian dalam)
  2. Haemorhoid Eksterna (Wasir bagian luar)

Haemorhoid ini juga kemudian dibedakan berdasarkan tingkat keparahan untuk keperluan tindakan pengobatan menjadi 4 Grade yaitu :

  1. Grade I ditandai dengan keluarnya darah segar setelah mengedan untuk BAB, atau sebelum BAB
  2. Grade II ditandai dengan perdarahan disertai adanya benjolan yang keluar masuk anus saat BAB
  3. Grade III ditandai dengan benjolan yang keluar saat BAB tidak dapat lagi masuk sendiri,  harus didorong dengan bantuan jari.
  4. Grade IV ditandai dengan benjolan besar yang sudah tidak dapat didorong masuk lagi walaupun dengan bantuan jari.

Kemudian untuk abses perianal / bisul penampakan umumnya seperti bisul ditempat lainnya, disebabkan karena infeksi kuman dan menunjukan tanda-tanda infeksi yaitu ; tampak merah, terasa panas, terasa nyeri dan tidak nyaman di daerah Anus.

Sebaiknya untuk kepastian penyebab keluhan yang Bapak sampaikan ini, kami sangat menyarankan Bapak untuk mengunjungi Doker Spesialis Bedah untuk konsultasi lebih lanjut.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Leher bengkak bisa terjadi di satu ataupun kedua sisi leher

Leher Bengkak? Coba Telusuri Penyebabnya

Bengkak di leher bisa dikarenakan oleh berbagai macam faktor. Namun terkadang, bengkak di leher bisa menjadi suatu pertanda adanya penyakit atau kondisi medis tertentu, seperti infeksi telinga, abses, gondongan, dan sebagainya.