21 Dec 2020, 15:44Kulit & Kelamin

Apa penyebab timbul benjolan di dalam liang vagina ?

PZ
Info Penanya: PZ0
Selamat sore dokter, saya Pahlia, sebut saja Lia. Saya mau tanya dok, seperti judul di atas dok, bahwa sy punya keluhan ada benjolan di vagina sebelah kiri tapi benjolannya itu seperti berada di dalam vagina, dan benjolan itu ada sejak sy setelah melahirkan anak pertama sy dok itu tahun 2010, awalnya keraba hanya kecil, dan terkadang suka timbul sakit tapi ga begitu sakit, dan ga begitu sering. Sempat ilang, saat hamil anak kedua, dan pasca melahirkan anak kedua, namun muncul lagi.
175 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, L.Saa akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Banyak masalah yang dialami seorang wanita, baik itu masalah ganggauan menstriuasi, keputihan yang berlebihan dan berbau busuk, ataupun gangguan organ reproduksi. Jarak vagina yang terlalu dekat dengan saluran kemih dan anus, membuat vagina rentan dan lebih berisiko untuk terkenan infeksi. Oleh karena itu, kebersihan organ kewanitaan harus dijaga dengan baik.

Apa penyebab timbul benjolan di dalam liang vagina ?

Vagina terdiri dari bibir vagina bagian luar (labia mayor), bibir vagina bagian dalam (labia minor), klitoris (tempat ransangan seksusal dan tempat yang paling sensitif bagi wanita), serta liang vagina. Penyebab timbul benjolan di dalam liang vagina karena banyak faktor, diantaranya :
  • Terbentuknya jaringan parut pasca melahirkan karena bekas robekan dan jahitan vagina di luar maupun dalam vagina. Benjolan ini biasanya berwarna sama dengan organ sekitar, tidak nyeri, tidak bertambah besar. Namun jika jaringan parut ini terinfeksi maka dapat mengeluarkan cairan berbau, serta menimbulkan keluhan nyeri, bengkak, dan merah pada vagina.
  • Skin tag atau kelebihan kulit pada vagina. Ini biasanya dialami oleh wanita bertubuh gemuk. Jaringan kulit ini dapat merupakan jaringan lemak yang ada di sekitar vagina membentuk seperti benjolan.
  • Kutil kelamin akibat penyakit menular seksual yang ditandai dengan timbul benjolan atau bintil-bintil kecil yang terus bertambah banyak, diikuti rasa nyeri, dan membentuk seperti bunga kol atau jengger ayam. Kutil kelamin ini harus diobati secara menyeluruh, baik penderita dan pasangan.

Cara penatalaksanaan benjolan di dalam liang vagina

Benjolan di dalam vagina yang Anda rasakan dapat diperiksa secara langsung oleh dokter dengan menggunakan alat yang dimasukkan ke dalam vagina atau spekulum. Jika penyebab benjolan karena bekas jaringan parut atau skin tag, biasanya tidak memerlukan terapi khuhus. Pembuangan benjolan akibat jaringan parut dan skin tag ini jika penderitannya merasa tidak nyaman dan mengganggu hubungan seksual. Untuk itu, tetap jaga kebersihan organ intim, agar tidak terjadi infeksi pada jaringan parut serta skin tag. Ganti pakaian dalam saat basah, minimal 2x dalam sehari, cuci vagina menggunakan air bersih dari depan ke belakang, dan selalu keringkan vagina menggunakan handuk setelah berkemih.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari
hubungan sekskutil kelaminkista bartholin
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil