Benjolan di leher kanan, apakah limfadenitis?

GE Info Penanya: GE
Dok,saya memiliki benjolan yang berukuran sangat keci,di leher kanan,kira-kira diameternya sebesar kelingking,benjolan ini tidak terlihat kasat mata,saya raba dulu baru bisa terasa, tidak terasa nyeri,kenyal,dan sudah lama ada,saya tidak kehilangan berat badan yang drastis, tidak mengalami demam,tidak mengalami kelelahan berlebihan,ini kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, GE.

Limfadenitis adalah kondisi dimana kelenjar getah bening mengalami peradangan. Pada tubuh manusia, terdapat ratusan kelenjar getah bening, yang normalnya tidak teraba. Ketika ada benda asing yang masuk ke dalam tubuh, benda asing tersebut akan ditangkap oleh kelenjar getah bening. Saat inilah kelenjar getah bening mengalami pembesaran, dan terkadang bisa teraba.

Kelenjar getah bening di leher termasuk salah satu yang sering mengalami pembesaran. Penyebabnya bervariasi, biasanya karena infeksi dari organ terdekat, seperti gigi bolong, radang tenggorokan, radang amandel, ataupun gigi berlubang. Tetapi, selain penyebab di atas, terkadang pembesaran kelenjar getah bening disebabkan oleh kasus lainnya, seperti limfadenitis TB atau limfoma.

Terkait pertanyaan Anda, apabila Anda memiliki benjolan di leher kanan, kemungkinan besar itu disebabkan oleh kelenjar getah bening. Perlu diketahui terlebih dahulu, sudah berapa lama benjolan tersebut menetap. Normalnya, kelenjar getah bening akan kembali ke ukuran normal 4-8 minggu. Jadi, benjolan Anda menetap lebih dari 8 minggu, sebaiknya Anda memeriksakan diri kepada dokter spesialis penyakit dalam atau dokter spesialis bedah onkologi agar bisa diketahui penyebab pastinya. 

Untuk sementara, hindari memencet atau meraba benjolan karena bisa memicu infeksi lanjutan. Konsumsi air putih yang cukup agar aliran cairan getah bening lancar.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pembengkakan kelenjar getah bening pada anak disertai dengan demam dan benjolan di leher yang disertai rasa sakit

Kelenjar Getah Bening Anak Bengkak? Mungkin Ini Biang Keroknya

Pada anak-anak, pembengkakan kelenjar getah bening adalah tanda sedang terserang penyakit. Kondisi ini ditandai dengan benjolan di leher, belakang kepala, ketiak, atau sekitar selangkangan.