17 May 2021, 22:21Gigi & Mulut

Benjolan di langit mulut apa penyebabnya?

EA
Info Penanya: EA0
Malam dok, Umur sya 21 tahun. Kemarin saya mengalami aneh di area mulut saya, lbih tepatnya adanya muncul benjolan didinding langit mulut saya. Rasanya perih lain2 bgitu dok, terus kalau ditekan biasanya gigi depn sya ikut ngilu atau sakit. Itu kenapa ya dok ?? Apakah sya mempunyai sakit yang serius atau apa yah dok ?? Kemarin s4 muncul benjolan jga, tpi selang 4 hari benjolannya kempes sendiri.
51 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang EA,Rongga mulut perlu dijaga kebersihannya dengan baik sehingga tidak menimbulkan masalah. Masalah-masalah yang sering muncul pada rongga mulut antara lain gigi berlubang, gusi bengkak, karang gigi atau munculnya benjolan-benjolan yang terkadang sifatnya hilang timbul.Perihal benjolan yang Anda alami bisa saja disebabkan oleh mucocele. Mucocele adalah sumbatan pada kelenjar air liur yang biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Tetapi terkadang benjolan ini akan semakin membesar dan menetap sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.

Yang perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan rongga mulut adalah:

  • Rutin menggosok gigi setiap selesai makan dan sebelum tidur. Gunakan pasta gigi untuk membantu membersihkan gigi Anda.
  • Hindari makanan yang manis atau yang lengket-lengket.
  • Kumur menggunakan air hangat campur sedikit garam.
  • Bila ada benjolan di mulut jangan dipecahkan karena akan menimbulkan infeksi.
  • Lakukan pemeriksaan ke dokter gigi secara berkala untuk membersihkan karang gigi dan mengecek apakah ada gigi yang berlubang atau tidak.
Bila benjolan menetap dalam waktu lebih dari 2 minggu atau benjolan berukuran besar maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk memastikan kondisi benjolan Anda.Salam sehat,dr. Vina
kesehatan mulutradang gusigigi berlubang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil