06 Feb 2021, 12:03Kulit & Kelamin

Benjolan di labia mayor vagina membesar dan mengecil apa sebabnya?

RF
Info Penanya: RF0
Permisi dok mau tanya bila dikelamin labia mayora Ada benjolan seperti bisul tapi tidak ada matanya, dlu juga pernah begitu tetapi hilang dan sekarang bengkak lagi, kira itu kenapa ya dok? Skrng bila disentuh sakit apa pengaruh dari bulu pubis atau gmana ya dok? Saya sudah coba Rendam dengan air hangat Agak kempes dok kira2 itu bahaya tidak dok?
372 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam RFAdanya benjolan pada bibir vagina bagian luar atau mayora dapat disebabkan oleh berbagai hal. Namun seringnya benjolan ini muncul disebabkan karena tersumbatnya kelenjar bartholin yang kemudian menjadi kista bartholin. Kista Bartholin ini bisa muncul di kanan atau kiri bawah pada sisi bagian dalam labia mayora dan tiak menimbulkan rasa sakit. Tetapi bila kista ini bila terjadi luka atau gesekan rentan terkena infeksi bakteri dan berisi nanah yang menyerupai bisul. Hal ini tentunya akan menimbulkan kemerahan, rasa nyeri dan panas pada benjolan.

Mengatasi Kista Bartholin

Kista bartholin dapat membesar atau mengecil pada saat adanya perubahan hormon pada siklus haid atau setelah berhubungan seksual dimana adanya peningkatan produksi cairan vagina yang terakumulasi didalam kista. Untuk menangani kista bartholin anda dapat melakukan beberapa upaya berikut:
  • Rendam air hangat selama 15-20 menit 2-3x sehari
  • Mengaplikasikan tea tree oil
  • Mengompres dengan cuka apel
  • Oles lidah buaya
  • Oles madu
Bila telah mengupayakan berbagai hal pada benjolan tetapi tidak ada perbaikan dan dirasakan mengganggu maka kemungkinan untuk dilakukan penanganan dengan prosedur pembedahan yang dilakukan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany CL
kista bartholinabses bartholinkesehatan vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil