28 Dec 2020, 12:58Kulit & Kelamin

Apa penyebab benjolan di bokong ?

NA
Info Penanya: NA0
Assalamualaikum dok sy ibu umur 37 Thun setahun yg lalu ad benjolan di pantat makin lama makin tumbuh tp tidak sakit ....berbahayakah dok?dan apa namanya ?apa hrus segera di operasi trimakasih
284 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Waalaikumussallam, N.Benjolan dapat tumbuh di seluruh di bagian tubuh. Benjolan ini dapat menetap, bertambah besar, nyeri hilang timbul, ataupun tidak ada nyeri sama sekali. Benjolan di bokong dapat membuat rasa tidak nyaman untuk duduk atau berbaring, terlebih benjolan yang semakin membesar.

Apa penyebab benjolan di bokong ?

Bokong merupakan organ tubuh yang terdapat saluran pembuangan. Area bokong yang lembab, kebiasaan cebok yang tidak bersih, penggunaan pakaian dalam yang tidak menyerap keringat, membuat bokong semakin mudah untuk terinfeksi. Penyebab benjolan di bokong antara lain :
  • Penumpukan lemak di antara kulit dan otot yang membentuk sebuah benjolan disebut dengan lipoma. Benjolan in tidak nyeri, berkonsistensi kenyal, dengan bentuk yang pipih. Lipoma ini tidak berbahaya dan umumnya tidak memerlukan terapi khusus.
  • Folikulitis atau infeksi pada folikel rambut. Benjolan akibat folikulitis ini dapat terjadi di seluruh tubuh yang ditumbuhi rambut. Benjolan berbentuk kecil, merah, dan nyeri karena adanya proses peradangan dan infeksi. Pengobatan benjolan ini dapat dilakukan pemberian salap antibiotik oleh dokter.
  • Kutil kulit yang disebabkan oleh human papiloma virus (HPV) memberikan gambaran penebalan lapisan kulit yang terus bertambah membentuk sebuah benjolan seperti kembang kol. Kutil kulit ini dapat ditularkan melalui kulit yang terluka.
  • Kista pilonidal dimana penyebabnya adalah tumbuhnya rambut ke arah dalam kulit sehingga membentuk benjolan. Kista ini biasanya terdapat di bokong. Kista pilonidal ini terjadi pada orang yang suka duduk dalam waktu yang lama.

Cara mengatasi benjolan di bokong

Cara mengatasi benjolan di bokong sesuai dengan penyebab benjolan. Jika benjolan disebabkan oleh infeksi, maka dokter akan memberikan terapi berupa salap antibiotik, maupun oral. Lipoma yang terlalu besar dan menganggu aktifitas seperti saat duduk yang lama, maka akan disarankan untuk operasi dengan membuat sayatan kecil pada kulit. Jika penyebab benjolan karena kutil HPV, maka dokter dapat melakukan eksisi benjolan menggunakan cauter agar kutil tidak kembali lagi.Anda dapat menjaga kebersihan badan termasuk bokong dengan cara selalu membersihkan bokong dengan sabun yang sesuai jenis kulit, mengeringkan bokong setelah cebok, menggunakan pakaian dalam yang nyaman dan menyerap keringat. Jika benjolan pada bokong semakin membesar, disertai nyeri, keluar nanah dari benjolan, segera ke dokter. Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kistafolikulitismengatasi lipoma
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil