24 Nov 2020, 15:04Penyakit Lainnya

Penyebab pembesaran KGB sekitar telinga

DA
Info Penanya: DA0
Selamat siang Dok, Saya mempunyai benjolan dibawa teling kanan. Ada yang mengatakan akibat infeksi didaerah sekitarnya. Saya belum berani ke dokter gigi misalnya karena covid.Kalau saya kompres benjolan menjadi kempis. Kata orang kalau tumor benjolan itu keras dan tidak bisa gerak/mengempis. Apa ini benar? Terima kasih.
257 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Selamat siang, DA.Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Benjolan di telinga dapat disebabkan oleh pembesaran kelenjar getah bening (KGB). KGB terdapat di seluruh tubuh, termasuk di sekitar telinga. Saat organ tubuh terinfeksi penyakit, maka KGB akan melawan infeksi tersebut yang menyebabkan pembesaran. Namun seiring hilangnya penyebab infeksi, maka KGB juga akan mengecil.

Penyebab pembesaran KGB sekitar telinga

Beberapa yang menyebabkan pembesaran KGB sekitar telinga, antara lain :
  • Infeksi pada telinga. Infeksi telinga dapat berupa otitis media, infeksi karena benda asing yang masuk ke telinga, infeksi tragus (telinga luar)
  • Infeksi pada leher. Infeksi pada leher dapat menyebakan KGB sekitar leher membengkak
  • Infeksi gigi
Benjolan di sekitar leher juga dapat disebabkan oleh TBC kelenjar. Gejalanya dapat berupa batuk yang lama, penurunan berat badan, keringat malam, dan ada riwayat kontak dengan penderita TBC.Benjolan karena keganasan kelenjar getah bening ditandai dengan pembesaran kelenjar getah bening di seluruh tubuh, diikuti dengan penurunan berat badan yang drastis, kelenjar getah bening terasa nyeri.Jika benjolan yang Anda alami semakin besar, semakin banyak, nyeri, dan benjolan bertambah, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter untuk penatalaksanaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat."Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
tbcotitis mediapembesaran kelenjar getah bening
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil