13 Nov 2020, 19:45Penyakit Lainnya

Mengapa terdapat benjolan pada leher bayi?

SN
Info Penanya: SN0
Hallo dok.... Anak saya usia baru 1 bulan ada benjolan di lehernya, dan klo di tekan keras bngetz.... Itu knp y dok...apakah itu berbahaya pada bayi se usia segitu y dok?
1135 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, SNTerima kasih atas pertanyaannya.Benjolan pada leher bayi tentu akan menimbulkan suatu kekhwatiran bagi orang tua.  Benjolan dapat teraba kenyal atau keras, berbenjol-benjol atau teraba rata, dapat digerakkan ataupun tidak.  Benjolan yang terjadi pada bayi dapat disebabkan oleh beberapa kondisi.

Kondisi yang menyebabkan benjolan pada leher bayi :

  • Pembesaran kelenjar getah bening.
    Pada kondisi tubuh bayi yang sedang infeksi akan disertai kelenjar getah bening yang membesar.  Ini merupakan respon tubuh saat bayu mengalami infeksi.  Infeksi dapat terjadi pada pernapasn, pencernaan, telinga, ataupun kandung kemih.
  • Abses/bisul
    Peradangan atau infeksi pada kulit bayi dapat menimbulkan benjolan yang berisi nanah.  Biasanya akan disertai demam dan kemerahan pada tempat benjolan.
  • Kista
    Kantung tertutup yang muncul pada bagian kulit berisikan jaringan, darah, ataupun nanah.
Apabila kondisi ini sudah lama dan membuat anak rewel maka perlu dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter spesialis anak guna mengetahui penyebab pasti benjolan tersebut.  Pemeriksaan fisik akan dilakukan pada benjolan di leher anak, jika diperlukan akan dilakukan pemeriksaan USG pada benjolan tersebut.  Setelah diketahui penyebabnya maka penanganan akan lebih tepat apakah perlu tindakan lain atau cukup dengan pemberian obat. Sementara ini, usahakan tidak memegang atau memijit benjolan anak, kompres dengan handuk hangat, berikan parasetamol jika anak demam.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kistainfeksi bakteriinfeksi viruslimfadenopati
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil