Sakit gigi dan benjolan pada langit mulut, apa penyebabnya?

SN Info Penanya: SN, Wanita, 22 Tahun
Selamat malam dok, 2hari lalu saya ada keluhan sakit gigi di gigi yg sudah bolong, lalu besoknya sakit giginya hilang lalu timbul benjolan di langit langit mulut. Apakah ada penyakit yang serius? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Sakit gigi adalah kondisi dimana muncul rasa nyeri dan tidak nyaman pada gigi. Kondisi ini bisa disebabkan oleh adanya gigi berlubang, gigi sensitif, atau karena adanya perdangan pada gusi akibat adari infeksi. Gigi yang berlubang umumnya berawal dari adanya sisa makanan yang tertinggal pada gigi, yang mana memicu adanya bakteri. Kemudian bakteri tersebut mengeluarkan zat asam yang dapat merusak lapisan gigi dan menyebabkan gigi berlubang dan timbul rasa nyeri. Adanya benjolan pada langit-langit mulut bisa disebabkan oleh adanya beberapa kondisi.

Penyebab benjolan pada langit-langit mulut di antaranya adalah:

  • Torus palatinus
  • Adanya infeksi jamur / virus / bakteri
  • Mucocele
  • Benih gigi
  • Kista
  • Tumor jinak
  • Kanker

Terkait dengan penyakit yang berbahaya atau tidak, tergantung dari penyebabnya. Untuk dapat memastikan penyebab pastinya alangkah baiknya bila Anda melakukan pemeriksaan ke dokter gigi terdekat. Sehingga semakin cepat dilakukan penanganan dan pengobatan, maka akan semakin lekas sembuh. 

Beberapa tips untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah:

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Zat sodium flouride bisa terkandung dalam banyak produk perawatan gigi

Apa Manfaat Sodium Fluoride untuk Gigi?

Zat sodium flouride bisa terkandung dalam banyak produk perawatan gigi hingga kebutuhan radiographic imaging. Meski bermanfaat menguatkan gigi, dosis penggunaan sodium flouride harus sesuai ketentuan dokter.