Benjolan di bibir vagina, apakah kista bartholin?

MD Info Penanya: MD, Wanita, 1 Tahun
Assalamualaikum dok,saya udah menikah umur 27 tahun gak tau kenapa ada benjolan di bibir vagina saya yg sebelah kanan terus lok dipegang nyeri gimana dok obatnya apa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MDK.

Kista bartholin adalah benjolan berisi cairan pada bibir vagina, yang disebabkan oleh penyumbatan kelenjar bartholin. Dalam kondisi normal, kelenjar bartholin akan memproduksi cairan yang berfungsi sebagai pelumas saat berhubungan intim. Apabila tersumbat, cairan tersebut akan menumpuk dan menjadi kista.

Tanda dan gejala kista bartholin adalah:

  • Muncul benjolan pada bibir vagina, bisa di kiri maupun kanan
  • Rasa nyeri sedang sampai berat, dan bisa mengganggu saat berjalan
  • Kemerahan pada benjolan
  • Jika berkomplikasi menjadi abses, bisa keluar nanah dan disertai demam

Kista bartholin yang berukuran kecil biasanya dapat menghilang dengan sendirinya, yang dapat dibantu dengan merendam vagina di air hangat. Lalu, hindari memencet benjolan tersebut, karena bisa memicu infeksi. Hindari juga penggunaan celana yang ketat karena bisa menggesek benjolan.

Tetapi apabila kista berukuran lebih besar, biasanya membutuhkan tindakan medis oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Oleh karena itu, jika benjolan tak kunjung menghilang, segera periksakan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang. Bisa saja ada penyebab lain, seperti kutil kelamin, dermatitis, dan sebagainya. Dengan dilakukan pemeriksaan, akan dapat diberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Klorin kini tidak lagi digunakan dalam bahan produksi pembalut

Kupas Tuntas Klorin, Zat Kimia Berbahaya pada Pembalut

Klorin memang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, namun zat ini sudah tidak lagi digunakan dalam produksi pembalut sejak 1990-an.