Benjolan di vagina berbahaya atau tidak?

C Info Penanya: C
Dok umur sya msih 17thun namun dibagian kanan bibir vagina saya ada benjolan kecil mirip bentul tpi bukan bentul kira² itu apa yh dok ? Berbahaya tdik ? Apa kah perlu dioprasi ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, C.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Benjolan di vagina merupakan gejala yang timbul akibat kondisi vagina yang berubah-ubah. Kondisi ini terkadang sering dialami oleh setiap wanita. Tanda-tanda munculnya benjolan pada vagina terkadang tidak disadari karena tidak menimbulkan rasa nyeri. 

Ada beberapa kondisi medis yang menjadi penyebab munculnya benjolan di vagina, yaitu:

Terkait dengan gejala yang Anda alami ini, kemungkinan penyebabnya bisa karena salah satu kondisi medis diatas. Untuk memastikannya, saya sarankan untuk Anda melakukan pemeriksaan langsung ke dokter agar dapat diperiksa lebih lanjut sehingga penanganannya tepat.

Untuk saat ini, yang bisa Anda lakukan adalah menjaga kebersihan organ intim Anda agar tidak lembab, tidak menggunakan sabun kewanitaan untuk daerah intim, dan kompres benjolan dengan kompres air hangat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sperma cair dapat mengganggu kesuburan pria

5 Penyebab Sperma Cair

Sperma cair adalah kondisi di mana cairan sperma tidak kental seperti biasanya. Hal ini sering dikaitkan dengan kemandulan pada pria. Padahal tidak melulu demikian. Ada beberapa penyeban sperma cair, diantaranya adalah cairan praejakulasi, terlalu sering ejakulasi,hingga ejakulasi retrogade. Temukan penyebab lainnya di sini.