17 Feb 2021, 16:15Penyakit Lainnya

Benjolan di payudara pada usia 15 tahun

DA
Info Penanya: DA0
Dokk saya mau tanya,sodara permpuan saya dapat benjolan di payudara nya kanan kiri di umur 15 thn apakah itu kanker payudara atau masa puber?mohon jawab ya
1135 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, DA.Benjolan di payudara dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, mulai dari yang jinak hingga ganas. Untuk membedakan apakah benjolan tersebut jinak atau ganas, perlu diperhatikan dari karakteristiknya. Benjolan jinak cenderung memiliki tepi rata dan bisa digerakkan. Sebaliknya, benjolan ganas biasanya memiliki tepi berbonjol-bonjol, sulit digerakkan, dan membesar dengan cepat.

Penyebab Benjolan Payudara

Mengenai keluhan saudara Anda, maka belum dapat diperkirakan apakah itu jinak atau ganas. Pasalnya, Anda tidak menceritakan seperti apa karakteristik benjolan tersebut. Tapi, berikut adalah beberapa kemungkinannya:
  • fibroadenoma mammae
  • fibrokistik mammae; yang biasanya benjolannya hilang-timbul tergantung siklus menstruasi (bisa terjadi juga saat usia pubertas)
  • kista payudara
  • kanker payudara
Jadi, terkait pertanyaan Anda, belum dapat dipastikan ya apakah itu kanker atau hanya karena hormon. Untuk memastikannya, disarankan agar saudara Anda langsung berkonsultasi tatap muka kepada dokter spesialis bedah. Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang apabila diperlukan, seperti USG payudara, CT scan, atau biopsi jarum halus. Setelah itu, barulah dapat dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang sesuai, baik berupa tindakan atau obat.Lalu, dianjurkan untuk tidak memencet benjolan, karena dikhawatirkan dapat memicu infeksi lanjutan. Hindari juga menggunakan bra yang terlalu ketat karena dapat menekan benjolan. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
kanker payudaratumor jinak payudarapayudara
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil