Benjolan Payudara

BA Info Penanya: BA, Pria, 2019 Tahun
Dok saya ingin bertanya mengenai istri saya baru" ini dia berani untuk bicara atau be cerita kepada saya.sekarang yg dialami istri saya ada terdapat benjolan di payudara belum sempat periksa.Mengenai hal penyakit tersebut itu penyakit apa yah dok.setiap istri saya capek atau lagi haid benjolan itu terasa perih dan timbul.Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam BA,

Beberapa kemungkinan penyebab :

  • Jaringan ikat pada payudara (Fibrocystic)

Terjadi akibat jaringan dan kelenjar payudara bereaksi berlebihan terhadap produksi hormon selama masa subur, sehingga terbentuk benjolan, dan/atau sejumlah kecil kista. Ukuran dan sensitivitas terhadap nyeri biasanya meningkat sebelum menstruasi dan menurun setelah menstruasi selesai. Penelitian terbaru melaporkan bahwa zat kimiawi seperti methylxanthines, yang ditemukan pada kopi, teh, cola, cokelat dan beberapa obat diet dan pilek dapat meningkatkan pertumbuhan dari benjolan ini. Pada salah satu studi, lebih dari setengah wanita berhenti mengkonsumsi makanan/minuman tadi, ukuran benjolan tersebut mengecil.

  • Fibroadenoma

Fibroadenoma adalah pertumbuhan abnormal dari jaringan kelenjar payudara. Fibroadenoma bukanlah keganasan, kadang-kadang dapat menghilang sendiri.

  • Fat necrosis (kerusakan/kematian jaringan lemak)

Jika payudara pernah terluka, pembuluh darah-pembuluh darah kecil dapat pecah dan menyebabkan perdarahan lokal, dapat terasa seperti benjolan. Trauma pada payudara dapat merusak sel-sel lemak yang dinamakan fat necrosis. Kondisi ini dapat menyebabkan timbulnya benjolan.

  • Lipoma (tumor jinak jaringan lemak)

Lipoma dapat terjadi area dimana terdapat jaringan lemak. Kebanyakan dari lipoma tanpa rasa nyeri, kenyal saat disentuh dan dapat digerakkan. Ukurannya umumnya kecil (<1 cm) akan tetapi dapat memesar sampai diameter 6 cm

Konsultasi ke dokter apabila :

  • Menemukan benjolan baru atau penebalan yang terasa berbeda dari jaringan sekelilingnya.
  • Adanya perubahan ukuran, bentuk, atau tampilan pada payudara
  • Nyeri pada payudara tidak menghilang setelah masa menstruasi selesai
  • Perubahan pada kulit payudara seperti gatal, kemerahan, bersisik, berceruk atau mengerut
  • Puting susu tertarik ke dalam
  • Cairan payudara yang keluar dengan sendirinya (bukan air susu)

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Jeng Yuliana

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Timbulnya masalah ginjal dan jantung ialah salah satu bahaya sedot lemak.

Bahaya Sedot Lemak Bagi Tubuh, Apa Saja Risikonya?

Operasi sedot lemak bukanlah metode untuk menurunkan berat badan. Sebelum Anda menjalaninya, ada baiknya memahami berbagai efek samping dan bahaya sedot lemak bagi tubuh.