Benjolan di dalam vagina, apa penyebabnya?

NA Info Penanya: NA, Wanita, 15 Tahun
Assalamualaikum dok, saya mau bertanya, kenapa di dalam vagina saya ada benjolan kecil. Ketika saya pegang tudak berasa nyeri sedikitpun. Tetapi sering kali benjolan utu berbindah sisi, kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NA.

Benjolan di dalam vagina paling sering disebabkan oleh kista Gartner, yaitu kondisi yang terjadi akibat penumpukan cairan dari duktus Gartner. Ukurannya bervariasi, namun rata-rata tidak lebih dari 2 cm. Tetapi, pada beberapa kasus, ukuran kista bisa cukup besar, bahkan menonjol dari liang vagina. 

Selain itu, penyakit menular seksual seperti kondiloma akuminata, atau sering disebut sebagai kutil kelamin, juga dapat menyebabkan benjolan di dalam vagina. Benjolan biasanya kecil-kecil yang bergerombol, sering digambarkan sebagai bunga kol. 

Untuk memastikan apa benjolan yang Anda alami, sebaiknya periksakan secara langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, meraba benjolan Anda secara langsung, kemudian melakukan pemeriksaan penunjang apabila diperlukan, misalnya biopsi jarum. Lalu, hasil pemeriksaan akan dievaluasi dan Anda akan diberikan penanganan yang sesuai.

Anda juga dianjurkan untuk tidak memegang dan memencet benjolan karena berpotensi memicu infeksi. Jaga kesehatan vagina dengan cara menggunakan celana dalam berbahan menyerap keringat, dan tidak terlalu ketat. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengobati vagina gatal secara alami bisa dengan yogurt dan madu

Cara Mengobati Gatal di Vagina Secara Tradisional dengan Bahan Alami

Cara mengobati vagina gatal secara alami bisa dengan cuka apel, bawang putih, yogurt dan madu, hingga baking soda. Jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan vagina dengan rutin mencuci area tersebut.