Benjolan pada tangan karena apa?

NP Info Penanya: NP, Wanita, 16 Tahun
Dok saya ada benjolan pada tangan sudah sekitar 2tahun, tidak ada rasa sakit memang dok,tetapi lama lama membengkak, saya sebelumnya sdh bwa k dokter umum tetapi dokter pun tidak paham dngn yg d alami saya. Sebelum ada benjolan ini pun saya tidak mengalami benturan atau apapun itu dok,mohon penjelasannya terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NPA,

Benjolan pada tangan dapat disebabkan oleh beberapa penyebab seperti misalnya kista atau adanya kantung berisi cairan yang dikenal dengan istilah kista ganglion, selain itu bisa juga disebabkan oleh peradangan sendi, pertumbuhan tulang berlebih, benjolan lemak ataupun juga karena adanya benjolan pada kulit seperti akibat infeksi kulit contohnya kutil kelamin.

Untuk itu perlu dipastikan lebih lanjut untuk mengetahui penyebabnya. Bisa periksakan diri pada dokter spesialis ortopedi ataupun dokter spesialis bedah untuk dilakukan pemeriksaan terhadap benjolan tersebut. Apabila merupakan kista ganglion maka akan dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti USG dan akan direncakanan tindakan untuk menghilangkan benjolan tersebut baik dengan pengeringan kista ataupun pengangkatan kantung kista ganglion tersebut.

Adanya kista sendiri bisa karena adanya kantung yang terisi oleh cairan pelumas sendi dimana penyebab terbentuknya kista tidak diketahui secara pasti. Apabila tidak ada gejala ataupun keluhan sebenarnya tidak dilakukan tindakan juga tidak berbahya, tetapi jika benjolan makin besar, menimbulkan rasa nyeri, mengganggu pergerakan tangan, mengganggu penampilan maka perlu segera dilakukan pemeriksaan dan tindakan penanganan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tak hanya mengganggu penampilan, bahaya perut buncit merupakan sinyal tubuh mengalami penyakit tertentu

Bahaya Perut Buncit, Bisa Jadi Sinyal Masalah Medis

Bahaya perut buncit bisa jadi sinyal pola makan yang salah hingga penyakit seperti gangguan liver dan kanker.