Benjolan Pada Payudara

WW Info Penanya: WW, Wanita, 2019 Tahun
Ada benjolan dipayudara saya sebelah kanan, sudah dioprasi, sekiranyan berapa bulan begitu muncul lagi benjolan di sblh kanan juga, tapi di bagian atasnya, yg awal dibagian kanan, benjolannya awalnya kecil tapi sda agak membesar sekarang, jika dipegang benjolannya keras dan bisa berpindah2 maksudnya bisa digerakan, hari ini benjolannya terasa seperti ada luka didalam payudara saya, itu kenapa yah dokter?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang WW,

Beberapa kemungkinan penyebab :

  • Jaringan ikat pada payudara (Fibrocystic)

Kondisi ini terjadi akibat jaringan dan kelenjar payudara bereaksi berlebihan terhadap produksi hormon selama masa subur, sehingga terbentuk benjolan, dan/atau sejumlah kecil kista. Umum terjadi pada wanita usia 20 dan 50 tahun. Tidak umum terjadi pada wanita yang telah menopause kecuali mengkonsumsi hormon. Ukuran dan sensitivitas terhadap nyeri biasanya meningkat sebelum menstruasi dan menurun setelah menstruasi selesai. Penelitian terbaru melaporkan bahwa zat kimiawi seperti methylxanthines, yang ditemukan pada kopi, teh, cola, cokelat dan beberapa obat diet dan pilek dapat meningkatkan pertumbuhan dari benjolan ini. Pada salah satu studi, lebih dari setengah wanita berhenti mengkonsumsi makanan/minuman tadi, ukuran benjolan tersebut mengecil.

  • Fibroadenoma

Fibroadenoma adalah pertumbuhan abnormal dari jaringan kelenjar payudara. Kondisi ini seringnya terjadi pada wanita usia di bawah 30 tahun, akan tetapi dapat pula terjadi pada wanita yang lebih tua. Fibroadenoma bukanlah keganasan, kadang-kadang dapat menghilang sendiri. Bentuk dari fibroadenoma umumnya bulat, padat dengan pinggiran rata.

  • Fat necrosis (kerusakan/kematian jaringan lemak)

Jika payudara pernah terluka, pembuluh darah-pembuluh darah kecil dapat pecah dan menyebabkan perdarahan lokal, dapat terasa seperti benjolan. Trauma pada payudara dapat merusak sel-sel lemak yang dinamakan fat necrosis. Kondisi ini dapat menyebabkan timbulnya benjolan. Benjolan ini terjadi pada area yang sebelumnya dilakukan biopsi.

  • Lipoma (tumor jinak jaringan lemak)

Lipoma dapat terjadi area dimana terdapat jaringan lemak. Kebanyakan dari lipoma tanpa rasa nyeri, kenyal saat disentuh dan dapat digerakkan. Ukurannya umumnya kecil (<1 cm) akan tetapi dapat memesar sampai diameter 6 cm

Konsultasi ke dokter apabila :

  • Menemukan benjolan baru atau penebalan yang terasa berbeda dari jaringan sekelilingnya.
  • Adanya perubahan ukuran, bentuk, atau tampilan pada payudara
  • Nyeri pada payudara tidak menghilang setelah masa menstruasi selesai
  • Perubahan pada kulit payudara seperti gatal, kemerahan, bersisik, berceruk atau mengerut
  • Puting susu tertarik ke dalam
  • Cairan payudara yang keluar dengan sendirinya (bukan air susu)

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Jeng Yuliana

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Leher bengkak bisa terjadi di satu ataupun kedua sisi leher

Leher Bengkak? Coba Telusuri Penyebabnya

Bengkak di leher bisa dikarenakan oleh berbagai macam faktor. Namun terkadang, bengkak di leher bisa menjadi suatu pertanda adanya penyakit atau kondisi medis tertentu, seperti infeksi telinga, abses, gondongan, dan sebagainya.