logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
Forum
Mata

Benjolan pada kelopak mata apa penyebabnya?

7 Okt 2020, 19:53

AF

Info Penanya: AF

Halo dok, saya mau tanya dong... Di kelopak mata sebelah kiri saya itu ada benjolan lunak dan tidak sakit. Benjolan itu sebenarnya tidak begitu mengganggu cuman ini sudah lebih dari 3 bulan dan tidak hilang, sudah saya coba kompress air hangat dan lain-lain tapi tak kunjung hilang. terimakasih...

Dilihat 1669

0 Komentar

SehatQ Logo

Dijawab oleh dr. Vina Liliana

(1)

Selamat siang AF,

Benjolan pada kelopak mata seringkali dikaitkan dengan bintitan atau dalam dunia medis disebut dengan hordeolum yang terjadi akibat adanya infeksi pada kelopak mata. Namun ada satu benjolan yang menyerupai bintitan ini yang disebut dengan kalazion.

Kalazion adalah benjolan yang timbul di kelopak mata yang terjadi akibat adanya sumbatan pada kelenjar minyak (kelenjar Meibom) di mata. Sehingga untuk penanganannya tentu diperlukan sayatan kecil agar alirannya kembali lancar bila dengan obat-obatan tidak membantu mengempiskan benjolannya. Dan benjolan ini bersifat kronis serta tidak menimbulkan rasa nyeri. Berbeda dengan bintitan yang terasa nyeri.

Bila benjolan yang Anda alami sudah berlangsung selama 3 bulan, maka sudah waktunya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter mata agar bisa dipastikan penyebabnya dan segera ditangani dengan baik agar benjolan tidak semakin besar. Karena benjolan yang semakin besar tentu sayatannya juga akan semakin besar dan akan menyisakan bekas luka.

Jaga kebersihan mata dengan menggunakan kacamata agar tidak gampang kena debu, serta rutin membersihkan mata dan kompres dengan air hangat.

Salam sehat,

dr. Vina

bintitankalazionhordeolum

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Beri Komentar

Butuh beberapa saat untuk menampilkan komentarmu.

Diskusi Terkait di Forum

Article Terkait

Advertisement

logo-sehatq
    FacebookTwitterInstagramYoutubeLinkedin

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Perusahaan

Dukungan

Butuh Bantuan?

Jam operasional:
07:00 - 20:00 WIB

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved