Apakah penyebab benjolan pada anak saya?

SU Info Penanya: SU, Pria, 29 Tahun
Anak saya umur 6 minggu seorang laki laki tetepi terjadi benjolan pada bagian puting sebelah kananAnak saya normal aktif dengan berat 4kg lebih, apakah benjolan tersebut???Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SU

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Benjolan adalah suatu pembesaran atau permukaan yang tidak rata pada area tubuh. Benjolan bisa disebabkan oleh berbagai macam kondisi mulai dari adanya proses peradangan, karena adanya cedera, karena adanya infeksi dan lain sebagainya. Benjolan bisa timbul pada seluruh area tubuh, dan dapat terjadi pada semua usia dari bayi hingga lanjut usia.

Adapun beberapa keluhan yang dapat menyebabkan bejolan pada area puting bayi adalah: 

  • Karena pengaruh hormonal yang terjadi saat dalam kandungan dan bisanya bsia membaik atau mengecil dengan sediirinya seiring dengan berjalannya waktu
  • Adanya infeksi pada area kulit sekitar yang dapat menyebabkan abses
  • Adanya gigitan seranga
  • Adanya alergi
  • Adanya pembersaran pada jaringan sekitar (misal, lipoma)

Terkait dengan keluhan yang terjadi pada Anak Anda, untuk memastikan penyebab dari benjolan tersebut perlu dilakukan pemeriksaan fisik. Bila mana keluhan benjolan pada puting semakin membesar, berdarah, berwarna merah, disertai nanah, atau bayi rewel dan atau disertai demam, segeralah periksakan ke dokter spesialis Anak terdekat.

Pastikan Anda tetap mengonsumsi makanan bergizi siembang, cukupi kebutuhan cairan harian Anda, agar dapat memberikan ASI yang berkualitas baik bagi anak Anda. Selain itu, hindari melakukan tindakan untuk memecahkan benjolan tersebut karena dikhawatirkan dapat menyebabkan infeksi.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kondisi mental anak dapat terganggu apabila menjadi korban bullying

Anak Menjadi Korban Bullying di Sekolah, Apa yang Harus Dilakukan untuk Mengatasinya?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk membantu anak yang menjadi korban bullying, salah satunya dengan menyampaikan bahwa menjadi korban bullying bukanlah kesalahan anak.