11 Apr 2021, 11:44Kulit & Kelamin

Bagaimana mengatasi benjolan di buah zakar?

FF
Info Penanya: FF, Pria0
Gmn cara mengatasi benjolan di buah zakar. Benjolannya keras dan sakit saya rasakan ketika saya pun batuk skitnya terasa di atas vital sya sakit jga dok
211 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, FFTerima kasih atas pertanyaannya.Buah zakar atau testis merupakan salah satu organ reproduksi pria yang cukup penting dalam memproduksi sperma untuk kemudian disalurkan bersamaan dengan cairan mani saat ejakulasi.  Benjolan di testis umumnya tidak berbahaya namun dapat menjadi penanda adanya gangguan di kulit ataupun testis.

Penyebab benjolan di buah zakar :

  • Jerawat yaitu peradangan yang timbul akibat folikel kulit kantung zakar tersumbat oleh kotoran, debu, keringat, ataupun sel kulit mati.
  • Kista yaitu kantung berisikan cairan bening ataupun sperma tak terpakai. Benjolan ini dapat terjadi di kelenjar keringat ataupun pada bagian epididimis testis.
  • Varikokel yaitu pembesaran pembuluh darah di kantung buah zakar sehingga menimbulkan suatu benjolan. Pada beberapa kondisi, benjolan ini dapat mempengaruhi kesuburan pria.
  • Herpes dapat menimbulkan benjolan yang nyeri dan ketika pecah dapat menimbulkan luka. Kondisi ini ditularkan melalui hubungan seksual yang bebas.
  • Peradangan pada testis akibat infeksi bakteri ataupun virus.
  • Hernia yang terjadi karena lapisan otot rongga perut yang melemah dan memungkinankan usus turun hingga ke testis dan membentuk benjolan.
Adanya rasa sakit sudah merupakan penanda adanya gangguan di testis yang memerlukan pemeriksaan lanjutan.  Untuk itu konsultasikan dengan dokter spesialis urologi untuk pemeriksaan langsung pada benjolan di buah zakar anda. Sementara itu jaga kebersihan kelamin, tunda aktivitas seksual apapun, hindari menahan buang air kecil, perbanyak air putih, dan saat timbul sakit minum obat parasetamol setelah makan. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
nyeri testiskistapenyakit kelaminherniaherpes genitalvarikokel
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil