23 May 2021, 23:02Gigi & Mulut

Benjolan pada bibir, apa saja penyebabnya?

IA
Info Penanya: IA0
Selamat malam dok,, anak saya sariawan trus selalu di gigit akhirnya timbul semacam tumpukan daging, susah sebulan lebih belum hilang” KTN sering di gigit gigit, caraemgatasi dan menghilangkan nya bgmana dok ??? Dan sy harus k dokter gigi atau kulit ??
47 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, ITerima kasih atas pertanyaan AndaBenjolan pada bibir bisa terjadi karena beberapa penyebab. Keluhan ini bisa dialami oleh bayi, anak-anak hingga usia dewasa. Adanya benjolan di bibir ini kerap kali menimbulkan rasa yang kurang nyaman terlebih bila disertai dengan beberapa gejala penyerta seperti demam, nyeri, dan lain sebagainya. 

Beberapa kemungkinan penyebab dari bejolan di bibir di antaranya adalah:

  • Sariawan
  • Mucocele, yaitu benjolan yang terbentuk karena tersumbatknya kelenjar air liur yang bisa terjadi karena sering mengigit bibir.
  • Flu singapura (hand-foot and mouth disease)
  • Alergi
  • Herpes
  • Kondisi medis lainnya
Terkait dengan apa yang terjadi pada anak Anda salah satunya bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan yang telah disampaikan di atas. Tatalaksananya tentunya akan disesuaikan dengan penyebab dari benjolan tersebut. Untuk itu, lakukanlah konsultasi dan pemeriksaan ke dokter gigi terdekat dari lokasi Anda.Pastikan Anda tetap mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi harian anak Anda, jaga keberishan rongga mulut, hindari kelelahan, hindari tindakan memecahkan benjolan tanpa pemeriksaan dokter, pastikan anak beristirahat dengan cukup dan minum air cukup sesuai kebutuhan cairan hariannya.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Diwana A
benjolkesehatan mulutsariawan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil