Benjolan Pada Bayi? Mengapa?

SN Info Penanya: SN, Wanita, 19 Tahun
Dear Dokter,Dok, di belakang tulang kepala bayi saya bagian kiri dan kanan ada tumbuh benjolan keras seperti tulang kepala. Tapi sepertinya tidak sakit kalau di pegang. Umur anak saya 9 bulan. Apakah berbahaya? Dan apa yang harus dilakukan?Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu SNR,

Benjolan yang terjadi bila teraba keras, tidak bergerak maka kemungkinan asalnya dari tulang. Sebaliknya bila benjolan dapat digerakkan dan seperti mengambang maka benjolan berasal dari jaringan dan kelenjar getah bening.

Bila sebelumnya ada riwayat jatuh terkena kepala, perhatikan apakah ada gejala mual, muntah,sakit kepala dangangguan kesadaran maka sebaiknya segera bawa anak mengunjungi Unit Gawat Darurat Rumah Sakit terdekat.

Atau riwayat trauma waktu melahirkan dan baru terlihat gejalanya saat ini.

Benjolan dapat saja tidak berbahaya dan tidak perlu dicemaskan, namun sebaiknya segera kunjungi Dokter Spesialis Anak (SpA) terdekat untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan lanjutan.

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cradle cap atau kerak kepala bayi sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya dan tidak berbahaya

Cara Aman Menghilangkan Kerak Kepala Bayi

Kerak kepala bayi atau cradle cap sangat umum terjadi dan tidak berbahaya. Kerak ini akan hilang dengan sendirinya tanpa perlu diobati.