Apakah tanda dan gejala dari kutil kelamin?

RA Info Penanya: RA, Pria, 22 Tahun
dok, saya mau bertanya. umur saya 22 tahun dan akan menikah akhir tahun ini, tiba2 di batang mr.P saya terdapat satu benjolan dengan warna menyerupai kulit yg tidak sakit, tidak gatal, dan tidak menimbulkan efek apapun, setelah saya cek di google tentang apa yg terjadi kepada saya, disebutkan sebagai kutil kelamin.apakah kutil kelamin ini dapat sembuh dengan sendirinya? dan apakah kutil kelamin ini dapat mengganggu pernikahan saya nanti? terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang R

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kutil kelamin adalah salah satu jenis penyakit menular seksual yang ditandai dengan adanya benjolan kecil pada area kemaluan dan sekitarnya bahkan bisa juga terjadi pada sekitar anus. Kutil kelamin ini bisa terjadi baik pada pria maupun pada wanita terutama yang sudah aktif melakukan hubungan seksual. Penyakit kelamin jenis ini bisa ditularkan melalui hubungan seksual oleh individu yang telah terinfeksi oleh Human Papilloma Virus (HPV).

Adapun beberapa tanda dan gejala dari kutil kelamin yaitu:

  • Munculnya kutil atau benjolan-benjolan kecil pada area sekitar kelamin yang memiliki warna yang sama pada area setempat
  • Timbul rasa gatal serta tidak nyaman pada area kemaluan
  • Beberapa kutil yang menyatu bisa berwujud seperti kembang kol
  • Adanya perdarahan ketika melakukan hubungan seksual

Beberapa faktor risiko yang rentan terinfeksi HPV dan terserang penyakit kutil kelamin diantaranya yaitu  sudah aktif melakukan hubungan seksual terutama sering bergonta-ganti pasangan seksual, sering melakukan seks secara oral, mempunyai daya tahan tubuh yang lemah, memiliki riwayat infeksi virus yang lain dalam waktu yang sama seperti HIV AIDS, atau karena kondisi-kondisi yang lainnya.

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lain untuk dapat memastikan bahwa keluhan yang Anda rasakan disebabkan oleh adanya kutil kelamin. Sebaiknya, segeralah lakukan pemeriksaan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat agar segera diobati. 

Tindakan sementara yang bisa Anda lakukan adalah tidak melakukan hubungan seksual tanpa alat kontrasepsi berupa kondom, hidnari beronta-ganti pasangan seksual, jaga kebersihan area kemaluan, konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, cukupi kebutuhan cairan harian Anda dan istirahat dengan cukup.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh RA
30 Jul 2020, 13:14
tapi dok, apakah dengan penyakit ini dapat mengganggu kesuburan saya nanti dok?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kutil di penis dapat terjadi karena infeksi human papillomavirus atau HPV

Kutil di Penis Bikin Pria Nelangsa, Hati-hati Seks Berisiko Jadi Penyebabnya

Kutil di penis utamanya disebabkan oleh infeksi human papillomavirus atau HPV. Penularan virus ini bisa terjadi akibat kontak seksual dengan penderitanya – sehingga Anda harus hati-hati dalam berhubungan seks.