01 Dec 2020, 22:54Kulit & Kelamin

Penyebab benjolan vagina dan cara penanganannya

EB
Info Penanya: EB0
Dokter saya ingin bertanya tentang benjolan ada pada bagian vagina saya cara untuk mengatasinya menggunakan obat apa dokter mohon penjelasan
189 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo Eb,Saya akan mencoba menjawab peratnyaan Anda.Benjolan pada vagina memang dapat membuat khawatir setiap wanita, terlebih jika benjolan tersebut bertambah besar dan nyeri. Ini juga membuat rasa tidak nyaman, takut, dan malu terhadap pasangan. 

Penyebab benjolan vagina dan cara penanganannya

Ada beberapa penyebab benjolan pada vagina dan cara penanganannya antara lain :
  • Pembesaran kelenjar getah bening (KGB)
Pembesaran KGB di vagina dapat disebabkan oleh infeksi di sekitar vagina, misalnya karena bekas cukuran, garukan, iritasi pembersih kewanitaan dll. Cara penanganannya yaitu dengan mengatasi infeksi yang ada. Hindari mencukur atau mencabut bulu kemaluan yang dapat meyebabkan luka.
  • Pembesaran kelenjar bartolin
Kelenjar bartholin adalah kelenjar yang berfungsi untuk menghasilkan pelumas saat berhubungan seksual. Jika kelenjar ini terinfeksi, maka kelenjar dapat membesar membentuk benjolan yang berisi nanah. Jika infeksi ini cukup kecil, maka dapat dilakukan kompres hangat pada benjolan, dan bersihkan secara rutin. Namun jika benjolan besar dan menimbulkan nyeri serta nanah, perlu dilakukan tindakan insisi (sayatan kecil) untuk mengeluarkan nanah.
  • Penyumbatan kelenjar rambut
Sama halnya dengan kista bartholin, jika terjadi infeksi akibat tersumbatnya kelenjar rambut di vagina, maka dapat teraba seperti benjolan. Infeksi yang diatasi dengan baik, akan mengurangi besarnya benjolan.
  • Kutil kelamin
Penyakit kutil kelamin biasanya ditularkan melalui hubungan seksual. Awalnya kutil kelamin ini berbentuk kecil yang lama kelamaan akan bertambah banyak dan menumpuk membentuk kembang kol atau jengger ayam. Kutil kelamin dapat dihilangkan sesuai dengan penyebabnya. Pengobatan juga harus dilakukan dengan pasangan agar tidak terjadi "pingpong fenomenon".
  • Vaginal skin tag
Vaginal skin tag atau polip vagina adalah kulit yang berlebih di sekitar vagina. Ini dapat disebabkan oleh bekas jahitan pasca persalinan dan kegemukan. Umumnya ini tidak perlu penanganan khusus.Jika benjolan pada vagina yang Anda alami semakin besar, semakin nyeri, timbul perdarahan atau nanah pada benjolan, segera ke dokter kandungan untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
penyakit menular seksualkutil kelaminkista bartholin
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil