Apa penyebab benjolan pada vagina?

DL Info Penanya: DL
Diagnosa: Ada benjolan pada bagian dinding vagina sebelah kanan. Sakit seperti ngeganjel saat duduk.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, D.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Benjolan di vagina merupakan suatu kondisi bahwa sedang terjadi infeksi di vagina akibat bakteri, virus, maupun karena masalah yang lain. Benjolan di vagina ini ada yang menular dan ada yang tidak. Ada beberapa penyebab munculnya benjolan di vagina.

Penyebab munculnya benjolan di vagina, yaitu:
  • Kista vagina: kantung berisi cairan yang muncul di dinding vagina dengan ukuran sebesar kacang tanah atau biasanya lebih kecil. Rata-rata kista vagina tidak menimbulkan keluhan. Tetapi pada beberapa kasus, bisa menimbulkan ketidknyamanan saat berhubungan seksual.
  • Herpes kelamin: infeksi menular yang dikaibatkan karena virus herpes simplex (HSV). Biasanya ditandai dengan demam, pembengkakan kelenjar, dan luka lecet di bagian genitalia.
  • Kutil kelamin: penyebabnya karena infeksi human papillomavirus (HPV) sehingga menyebabkan benjolan di vagina yang terasa agak kasar, tebal, dan menempel di dinding vagina.
  • Kista kelenjar Bartholin: benjolan di liang vagina yang terasa membengkak dan permukaannya mulus. Ukurannya biasanya kecil dan hanya berdiameter 2,5 cm.
  • Varises vagina: pembengkakan pembuluh darah di sekitar vulva atau vagina. Biasanya pembengkakan disertai dengan rasa gatal, rasa pegal dan berat, tapi tidak menimbulkan rasa sakit.

Untuk mengatasi benjolan di vagina tersebut, Anda bisa melakukan kompres air hangat di sekitar benjolan. Lalu, gunakan celana dalam yang berbahan katun dan tidak lembab. Bisa juga dengan berendam di air hangat selama beberapa hari. Jika tidak ada perubahan, saya sarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter kulit kelamin agar dapat diperiksa langsung dan diberikan terapi yang tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Klorin kini tidak lagi digunakan dalam bahan produksi pembalut

Kupas Tuntas Klorin, Zat Kimia Berbahaya pada Pembalut

Klorin memang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, namun zat ini sudah tidak lagi digunakan dalam produksi pembalut sejak 1990-an.