Apa penyebab benjolan lunak di vagina?

SS Info Penanya: SS, Wanita, 17 Tahun
Dok saya wanita umur 17 tahun, keluhan yg saya alami sekarang di miss v saya muncul benjolan lunak kecil di sebelah kiri bibir miss v terasa agak nyeri gitu dok, penyakit bahaya nggak dok itu?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SS.

 

Benjolan pada vagina dapat menyebabkan ketidaknyamanan terlebih jika benjolan tersebut menyebabkan rasa nyeri, gatal, perdarahan pada vagina, keputihan yang berlebihan, serta mengganggu aktivitas seksual. Tentunya ada beberapa penyakit yang menyebabkan munculnya benjolan pada vagina wanita.

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang menyebabkan adanya benjolan pada vagina:

  1. Kutil kelamin 

    Kutil kelamin ini dapat disebabkan oleh virus (HPV) Human Papiloma Virus, penyakit ini ditularkan melalui kontak saat hubungan seksual. Gejalanya berupa adanya benjolan di vagina baik di bagian dalam atau bagian luar dan di sekitar dubur, biasanya disertai rasa gatal dan perih.

  2. Kista Bartholin 

    Penyakit ini terjadi pada kelenjar Bartholin yang memiliki tugas untuk memproduksi cairan lendir yang dapat melumasi vagina. Sumbatan pada kelenjar ini akan menyebabkan kista. Gejalanya berupa benjolan di salah satu sisi bibir vagina, umumnya benjolan ini tidak nyeri namun jika benjolan nyeri biasaya sudah terinfeksi oleh bakteri dan bisa sampai bernanah.

  3. Herpes kelamin 

    Penyakit ini diakibatkan oleh virus herpes simpleks, penyakit ini merupakan penyakit menular seksual, gejala yang ditimbulkan berupa adanya benjolan di vagina dapat disertai dengan luka, kemudian rasa tidak nyaman karena nyeri, dan kadang disertai juga demam.

Terkait dengan keluhan yang Anda alami kemungkinan Anda mengalami salah satu dari penyakit tersebut, namun untuk lebih memastikannya Anda sebaiknya periksakan benjolan tersebut ke dokter spesialis kulit  atau ke dokter spesialis kandungan agar dilakukan pemeriksaan baik secara fisik maupun pemeriksaan penunjang untuk mengetahui penyebab pastinya.

Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan di rumah:

  • Jaga kebersihan vagina dengan rajin mencuci vagina Anda, bisa menggunakan air rebusan daun sirih sebagai antiseptik alami
  • Ganti celana dalam secara berkala jangan sampai lembap
  • Untuk benjolannya jika nyeri bisa dikompres dengan air hangat

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ

Salam Sehat,

 

dr. Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penularan herpes harus selalu diwaspadai, Anda jangan pernah lengah.

Penularan Herpes Bisa Diantisipasi dengan Langkah Ini

Penularan herpes sebagai salah satu penyakit menular seksual yang jumlah pengidapnya sangat mengkhawatirkan, tentu harus diwaspadai. Kalau Anda atau pasangan mengidap herpes, apa yang sebaiknya dilakukan untuk mencegah penularan herpes?