Benjolan leher, kelenjar getah bening

DA Info Penanya: DA, Wanita, 21 Tahun
Dok mau tanya kalo benjolan di leher itu apa cuma kelenjar getah bening?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, Bu.

Terima kasih untuk pertanyaannya.

Kelenjar getah bening (KGB) atau yang disebut kelenjar limfe dalam bahasa kedokteran, adalah kelenjar yang berfungsi sebagai bentuk imunitas tubuh. Di tubuh manusia, terdapat banyak kelenjar getah bening yang berlokasi di :

  • Leher
  • Ketiak
  • Sela paha
  • Perut
  • Kaki

Umumnya kelenjar getah bening tidak teraba dari luar. Namun perlu diketahui bahwa setiap orang memiliki varian yang berbeda, mulai dari anatomi (letak bentuk) sampai ukurannya.

Kelenjar getah bening yang dapat diraba dapat berupa benjolan dengan ukuran normal kurang dari 1 cm, dengan konsistensi kenyal, dapat digerakkan, tidak nyeri, tidak teraba panas dan berwarna sama dengan kulit sekitarnya. Kelenjar getah bening umumnya dapat teraba di leher dan sela paha. Apabila kelenjar getah bening dengan karateristik yang berbeda dengan di atas, ada kemungkinan bahwa terdapat pembengkakan kelenjar getah bening tersebut. Pembengkakan tersebut dapat disebabkan oleh infeksi.

Benjolan pada leher dapat berupa kelenjar getah bening yang membengkak, ataupun benjolan yang lain. Benjolan yang berkarateristik sebagai infeksi apabila teraba panas, merah dan nyeri. Benjolan juga dapat berasal dari non infeksi, misal tumor, keloid, atau lain - lain. Namun untuk mengetahui apakah benjolan tersebut berasal dari kelenjar getah bening, Anda harus memeriksakan diri ke dokter.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan.

Salam sehat,

dr Christine V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ria Irawan meninggal dunia setelah dua kali terdiagnosis kanker

Ria Irawan Meninggal Dunia Setelah Mengidap Kanker untuk yang Kedua Kali

Ria Irawan meninggal dunia, Senin, 6 Januari 2020, akibat kanker yang diidapnya. Setelah sempat sembuh dari kanker kelenjar getah bening, Ria kembali didiagnosis menderita kanker endometrium, yang akhirnya meluas hingga ke paru-paru dan otak.