Benjolan kulit diseluruh tubuh, Apa penyebabnya?

MJ Info Penanya: MJ, Wanita, 30 Tahun
dok saya mau beratanya ??? dikulit saya ada benjolan benjolan kecil seperti digigit nyamuk tapi tidak hilang'' dok benjolanya sudah lama sekali, tapi bukan hanya di satu tempat dok tapi hampir. hampir satu badan??? tapi kalo saya tidis benjolan itu atau saya tekan tidak sakit dok...??? mohon solusinya .. karna sudah lama sekali
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi MJL.

Terimakasih telah bertanya di SehatQ.

Saya akan membantu menjawab pertanyaan Anda.

Benjolan pada kulit diperlukan pemeriksaan meliputi lokasi, banyaknya, luasnya, ukurannya, warna benjolan dan kulit sekitarnya, konsistensi benjolan keras atau lunak, apakah benjolan mudah digerakan atau mudah berdarah, atau tampak isi dalam benjolan. Karenanya diperlukan pemeriksaan langsung untuk memastikannya. Pemeriksaan ujud kelainan kulit yang Anda alami dan gejala penyerta lain akan membantu mendiagnosis penyakit.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan benjolan pada kulit antara lain :

  • Lipoma adalah tumor pada lemak. Gejalanya berupa benjolan kecil lunak, kenyal, membulat mudah digerakan, berasal dari jaringan lemak yang tumbuh abnormal. 
  • Molluscum contagiosum akibat infeksi virus dipermukaan kulit, Gejalanya berupa benjolan dengan jumlah banyak, berukuran kecil kecil, sewarna kulit, terdapat cekungan pada benjolan, dan bila dikeluarkan isi seperti nasi.
  • Papiloma yakni jenis tumor junak kulit.
  • Hindradenitis akibat alergi atau iritasi kulit.
  • Scabies atau akibat kutu kulit, bila benjolan gatal terutamam malam hari, seperti sela jari, bokong, kemaluan, ketiak.
  • Neurofibromatosis merupakan kelainan genetik dimana pertumbuhan sel terganggu sehingga tumbuh tumor-tumor pada jaringan saraf. Tumor tersebut umumnya jinak dan bisa muncul di berbagai bagian dari sistem saraf. Gejalanya bisa berupa benjolan mulai dari ukuran kecil hingga besar yang menyebar di seluruh tubuh. Jumlahnya puluhan hingga ribuan. Biasanya dapat timbul kelainan neurologis tergantung dimana neurofibromatosis ini timbul. Penyakit ini biasanya terjadi pada anak atau saat menginjak dewasa. 

Saya sarankan untuk memeriksakan keadaan kulit ke dokter spesialis kulit untuk mendapat pemeriksaan langsung. Pengobatan dapat dilakukan sesuai penyebabnya.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah

  • Selalu jaga kebersihan kulit dengan membiasakan cuci tangan dan mandi minimal dua kali sehari.
  • Jaga kesehatan kulit dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak Vitamin E, Vitamin C, protein, dan lemak sehat seperti Wortel, tomat, ikan, dan brokoli.
  • Tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol.
  • Olahraga teratur.
  • Istirahat cukup.
  • Hindari stres.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

dr. Sandy

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pahami cara kerja dan efek samping suntik botox, sebelum Anda memilihnya

Mengetahui Cara Kerja Suntik Botox dan Efek Sampingnya

Suntik botox telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menghilangkan kerutan pada wajah. Cara kerja suntik botox adalah memblokir atau mencegah sinyal dari saraf untuk dialihkan ke otot. Efek samping botox yang dapat dirasakan adalah memar hingga penurunan kelopak mata.