Apa penyebab benjolan di vagina?

N Info Penanya: N, Wanita, 19 Tahun
Hallo dok, saya mau nanya di bibir vagina bagian bawah sebelah kanan kaya ada benjolan kecil itu kenapa yah dok? Mohon penjelasan nya makasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi NIK,

Benjolan di vagina adalah gejala yang bisa timbul karena beberapa penyebab seperti adanya kista atau kantung berisi cairan, di area vagina sering timbul pada kelenjar bartholin dan disebut dengan nama kista bartholin. Penyebab lain yang bisa menimbulkan benjolan di vagina adalah adanya varises atau pelebaran pembuluh darah, infeksi seperti infeksi virus herpes, kutil kelamin, ataupun penyebab lainnya.

Untuk memastikannya perlu diperiksakan secara langsung pada dokter. Nantinya penanganan dari benjolan tersebut akan disesuaikan dengan penyebabnya. Jika karena infeksi maka perlu diatasi infeksinya, apabila karena kutil kelamin maka perlu tindakan khusus untuk menghilangkannya, sedangkan jika karena adanya kista bisa dilakukan penanganan baik dilakukan pengeringan kista, ataupun operasi untuk menghilangkan kista.

Perhatikan juga apakah benjolan menimbulkan nyeri atau tidak, karena tidak jarang benjolan tersebut bisa tidak menimbulkan gejala sama sekali ataupun bisa juga menimbulkan rasa nyeri, rasa gatal dan rasa tidak nyaman saat berhubungan seksual. Jika timbul rasa nyeri sementara bisa dilakukan kompres menggunakan kompres hangat dan juga konsumsi paracetamol untuk meredakan nyeri sementara. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Setiap wanita memiliki bentuk selaput dara yang berbeda

Peran, Fungsi, dan Bentuk Selaput Dara pada Wanita

Selaput dara adalah selapis jaringan yang berada pada bukaan vagina. Setiap wanita memiliki bentuk yang berbeda sehingga tidak bisa didefinisikan sebagai keperawanan.