benjolan kecil payudara

S Info Penanya: S, Wanita, 25 Tahun
Dok.. Di pinggir payudara sebelah kanan sya.. Ada kerasa benjolan kecil di dalem nya.. Ga sakit sih cuma ga nyaman.. Itu apa ya.. Bhaya ngga.Dan bagaimana ngilangin nya. Mksh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam S

benjolan di payudara dapat disebabkan infeksi atau abses bakteri, tumor jinak FAM dan kanker payudara.

Untuk benjolan akibat infeksi biasanya benjolan terasa nyeri, demam, merah dan sakit. Biasanya terdapat riwayat sedang menyusui pasca melahirkan. benjolan akibat infeksi dapat dihilangkan dengan antibiotik dan terkadang operasi insisi drainase abses.

Untuk benjolan tumor jinak FAM, biasanya benjolan bersifat kecil, lunak, posisi menetap, tidak nyeri, menimbulkan rasa tidak nyaman. Sering terjadi pada wanita usia muda. Benjolan ini biasanya dapat dihilangkan dengan operasi eksisi oleh dokter Spesialis bedah

Benjolan pada kanker payudara biasanya bersifat progresif membesar, terjadi pada kelompok usia dewasa lanjut >40 tahun, disertai perubahan warna kulit payudara mirip kulit jeruk, nyeri, mengeluarkan sekret cairan dari puting, disertai penyebaran benjolan di lokasi lain termasuk ketiak, leher. 

Untuk memastikan benjolan tersebut saya sarankan anda berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah, biasanya dilakukan eksisi biopsi untuk memastikan apakah benjolan tersebut suatu abses, tumor jinak atau kanker ganas.

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Benjolan di payudara yang terasa sakit dapat disebabkan oleh kelenjar susu mengeras akibat mastitis

Tidak Hanya Mastitis, Benjolan di Payudara juga Disebabkan oleh Berbagai Kondisi Ini

Benjolan di payudara dapat disebabkan oleh kelenjar susu mengeras akibat mastitis. Namun tak hanya mastitis, terdapat pula gangguan lain yang dapat menyebabkan terjadinya benjolan di payudara. Untuk membedakannya, Anda harus memerhatikan tanda-tanda dari benjolan tersebut.