15 Jul 2021, 06:40Penyakit Lainnya

Benjolan di leher disebabkan apa?

TT
Info Penanya: TT0
Hallo Dok Saya mau tanya, disebelah kiri bawah leher saya terdapat benjolan kecil tapi tak nampak di permukaan tapi jika di pegang benjolan itu terasa berpindah atau goyang tidak terasa sakit. Kenapa ya Dok?
261 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo T,Benjolan di bawah kullit dengan ciri-ciri dapat berpindah atau goyang jika disentuh dan tidak terasa sakit dapat disebabkan oleh gumpalan lemak atau disebut juga lipoma. Lipoma juga memiliki ciri-ciri lain untuk membedakan dengan kanker yaitu berbentuk bulat atau rata, teraba licin dan kenyal. Benjolan ini tidak berbahaya, namun pada orang dengan kecenderungan mengalami lipoma, benjolan ini dapat muncul lebih dari 1 dan dapat terjadi di seluruh tubuh.

Mengatasi Lipoma

Hindari menekan, memijat atau menusuk benjolan. Untuk mengatasi lipoma dapat dilakukan ekstraksi lipoma dengan pembedahan kecil. Untuk itu jika benjolan ini mengganggu, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter spesialis bedah untuk dipertimbangkan apakah benjolan sebaiknya diangkat atau tidak dan bagaimana untuk prosedur tindakannya.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
lipomabenjolan lipomamengatasi lipoma
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil