01 May 2021, 21:49Kulit & Kelamin

Apa penyebab timbul bisul pada anus ?

FR
Info Penanya: FR, Pria0
Mau tanay dok d dekat lubang anus saya ada benjolam kecil seperti bisul tapi kecil. Bila bab kada terasa skit bila tersentuh.kalu sdah seksai tidak skit lg. Tp kadaggatal.knpa dok ya
316 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, F.Benjolan pada anus tidak hanya membuat risih dan mengganggu kenyamanan, namun dapat pula menimbulkan gejala perih, gatal, panas, sulit duduk, dan demam. Benjolan pada anus dapat besar maupun kecil, dapat hilang dengan sendirinya atau menetap dalam jangka waktu yang lama.

Apa yang menyebabkan timbul benjolan gatal pada anus ?

Keluhan terdapat benjolan pada anus Anda berukuran kecil seperti bisul diikuti rasa sakit saat BAB dan gatal dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Wasir atau ambeien dimana benjolan merupakan pembuluh darah anus yang melebar dan dapat pecah mengeluarkan darah saat BAB keras. Benjolan ambeien dapat masuk kembali dengan bantuan jari atau menetap di luar anus berdasarkan gradenya. 
  • Infeksi kulit anus yang awalnya gatal sehingga digaruk menyebabkan luka dan benjolan yaitu abses.
  • Folikulitis atau sumbatan pori-pori kulit sekitar anus karena infeksi.

Bagaimana cara mengatasi benjolan pada anus ?

Cara mengatasi benjolan pada anus antara lain :
  • Jika benjolan berupa ambeien atau wasir pengobatan menggunakan obat anti ambeien berupa kapsul yang dimasukkan secara langsung ke anus.
  • Jika benjolan merupakan abses atau folikulitis dimana benjolan berisi nanah, teraba hangat, terlihat merah, nyeri, bersihkan anus menggunakan povidone iodine rutin, dan oleskan salap antibiotik.
Jika benjolan tidak kujung hilang, semakin membesar dan bertambah nyeri, segera konsultasi ke dokter bedah.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.  
bisulnyeri anuswasir
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil