benjolan infeksi kelenjar mata belum sembuh

S Info Penanya: S, Wanita, 2019 Tahun
Dokter, Saya ingin bertanya. Bulan lalu saya sudah periksa, kata dokter kedua mata saya infeksi kelenjar air mata, yang menyebabkan terkadang kelopak bawah mata saya agak membengkak. Yang bikin saya terganggu adalah, mata sebelah kiri saya yanh kelopak bawah ada bentolan didalamnya, saya sudah membeli obat, dan diberi tetes air mata dengan dokternya, sampai habis benjolan ini belum sembuh sembuh, bagaimana solusinya dok? terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, S

Benjolan infeksi kelenjar air mata pada kelopak mata disebut sebagai hordeolum, biasa dikarenakan adanya infeksi dan sumbatan yang membuat bintilan pada kelompak mata. Untuk tatalaksana disarankan kompres hangat pada kelopak mata agar drainase sumbatan jadi lancar, pemberian salep dan obat tetes antibiotik mata juga dapat membantu penyembuhan.

Selain hordeolum, kondisi bintilan pada mata juga dapat terkait kalazion, kondisi sumbatan pada kelenjar air mata ini dapat semakin membesar tanpa ada rasa nyeri, pada beberapa jenis dapat menjadi suatu tumor kelopak mata. Kalazion hanya bisa dihilangkan dengan operasi oleh dokter mata.

Saya sarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter mata (Sp.M) untuk mendapatkan tatalaksana yang tepat penyebab bintilan benjolan di kelopak mata.

Salam sehat

dr. Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mata bintitan dan kalazion memiliki perbedaan, dari segi tekstur maupun penyebabnya.

Mata Bintitan dan Kalazion, Apa Perbedaan Benjolan di Kelopak Mata Ini?

Mata bintitan terjadi akibat benjolan di kelopak mata yang berukuran kecil, dan menimbulkan rasa sakit. Sementara itu, kalazion atau chalazion adalah kondisi yang muncul karena penyumbatan kelenjar minyak di kelopak mata. Kalazion memiliki tekstur lunak dan tidak menyebabkan sakit.