Benjolan hitam di pipi bagian dalam. Apa sebabnya?

AS Info Penanya: AS
Dokter saya ingin bertanya, dinding pipi bagian dalam saya mulanya sakit ketika terkena makanan dan tadi baru saya sadari dia membengkak seperti kulit yg terkena air panas membengkak didalam dan berwarna hitam, saya terkena penyakit apa ya dok? Tolong dijawab ya dok, terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A

Jika melihat dari pertanyaan yang disampaikan, kemungkinan kondisi yang dialami adalah hematoma. Hematoma adalah kondisi yang muncul akibat adanya benturan atau tekanan pada jaringan lunak, dalam hal ini pipi bagian dalam. Benturan yang dimaksud bisa berupa tidak sengaja tergigit ketika makan atau akibat tergores bagian gigi yang tajam.

Ketika bagian dalam pipi tidak sengaja tergigit, maka darah akan berkumpul di jaringan tersebut dan menimbulkan benjolan berwarna ungu kehitaman. Kondisi ini umumnya tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu.

Namun, untuk lebih pastinya, Anda sebaiknya tetap mengunjungi dokter gigi terdekat agar kondisi ini bisa diperiksa secara langsung dengan melihat kondisi rongga mulut Anda secara keseluruhan. Apabila hematoma tidak kunjung hilang, dokter gigi bisa melakukan perawatan dengan membuka area jaringan yang terluka tersebut dan mengeluarkan darah yang mengendap.

Semoga membantu,

Salam sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Peningkatan plak gigi merupakan gangguan gigi akibat mulut kering

Mulut Terasa Kering? Waspadai Penyebab dan Akibatnya!

Mulut terasa kering biasanya disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu, narkotika, dan alkohol. Kadang-kadang, mulut kering menimbulkan luka dalam mulut dan mulut berbau tak sedap. Namun, mulut kering juga dapat mengindikasikan gangguan gigi yang serius, seperti peningkatan plak gigi dan kerusakan gigi. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengunyah permen karet untuk menstimulasi produksi air liur dalam mulut Anda.