06 Feb 2021, 00:01Penyakit Lainnya

Benjolan gusi, apa saja penyebabnya?

ID
Info Penanya: ID, Wanita, 25 Tahun
Assalamuallaikum. Dokter saya mau tanya ibu saya di gusinya ada benjolan, 6bln kebelakang dia OP setelah itu tidak lama tumbuh lagi... tetapi saya juga punya riwayat tersebut dan OP juga trs tumbuh juga lagi tapi tidak lama benjolan itu hilang. Tapi ibu saya tidak ya malah jadi semakin besar dari pas sebelum OP. Mungkin ada solusinys dokter ?
447 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, ITerima kasih atas pertanyaan AndaBenjolan adalah suatu permukaan yang tidak rata pada area tubuh. Adanya benjolan pada gusi bisa menyebabkan rasa yang tidak nyaman. Kondisi ini bisa muncul disertai dengan rasa nyeri pada area benjolan, demam, keluar nanah atau bahkan hingga memberikan rasa sakit pada gigi di sekitarnya.

Beberapa kemungkinan penyebab benjolan pada gusi adalah:

  • Radang gusi atau sering disebut dengan gingivitis
  • Abses
  • Kista
  • Fibroma, atau jaringan gusi yang tumbuh berlebihan
  • Granuloma piogenik 
  • Mukokel
  • Benjolan kanker
Terkait dengan apa yang terjadi pada ibu Anda dan juga Anda, beberapa penyebabnya salah satunya bisa dikarenakan kondisi yang disebutkan di atas. Untuk dapat memastikannya, dan karena kondisi ini berulang alangkah baiknya lakukan konsultasi dan pemeriksaan ke dokter gigi spesialis bedah mulut terdekat. Sampaikan juga ke dokter riwayat pengobatan dan terapi yang sudah di lakukan agar dokter melakukan evaluasi terapi. Bila perlu dokter akan memeriksa jaringan pada gusi untuk mnegetahui penyebab pasti dari benjolan tersebut. Pastikan untuk tetap menjaga kebersihan rongga mulut, biasakan menggosok gigi sebelum tidur dan sesudah makan, konsumsi makanan sehat bergizi, dan konsumsi buah dan sayuran.  Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
kesehatan mulutradang gusiabses gusi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil