Benjolan dekat mata kaki, apa saja penyebabnya?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Dok sy mau tanya ad benjolan dkt mata kaki keras kcl gt sakit dan nyeri , itu knp ya dok,,?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SU.

Benjolan adalah tonjolan pada tubuh yang dapat teraba, yang tidak seharusnya ada. Masing-masing benjolan memiliki karakteristik yang berbeda, baik dari segi ukuran, konsistensi, tekstur (berbonjol-bonjol atau licin), maupun rasa nyeri yang disebabkan karena benjolan tersebut. Benjolan dapat terjadi di bagian mana saja, termasuk di dekat mata kaki.

Salah satu penyebab benjolan di dekat mata kaki adalah kista ganglion, yaitu ketika ada penumpukan cairan sendi yang membentuk sebuah kantong. Kista ganglion biasanya berukuran kecil, paling besar seukuran buah duku. Selain itu, ukuran kista dapat mengecil apabila sendi beristirahat, dan membesar apabila banyak aktivitas pergerakan.

Selain kista ganglion, penyebab benjolan lainnya adalah kutil, lipoma, peningkatan kadar asam urat, maupun gigitan serangga. Nah, untuk memastikannya, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung kepada dokter spesialis bedah, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk mengetahui apakah benjolan tersebut. Setelah diketahui jenis benjolannya, dokter akan memberikan penanganan yang sesuai dengan penyebabnya. Penanganan bisa berupa obat-obatan maupun tindakan bedah.

Tetapi, karena saat ini sedang ada pandemi COVID-19, sebaiknya Anda memantau dulu benjolan tersebut. Apabila benjolan mengecil atau menghilang dalam waktu kurang dari satu minggu, maka disarankan agar Anda tetap di rumah. Sedangkan apabila benjolan membesar dengan cepat atau disertai nanah, jangan ditunda dan segera periksakan.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hernia dapat diatasi dengan melakukan operasi hernia

Dua Jenis Operasi untuk Mengatasi Hernia

Hernia atau turun berok terjadi ketika organ dalam tubuh mendorong atau menekan jaringan otot, maupun jaringan ikat yang melemah. Untuk mengatasi hernia, 2 jenis operasi dapat Anda lakukan.