benjolan didekat anus seperti bisul

DA Info Penanya: DA, Pria, 2019 Tahun
Salam Dok, Saya ada benjolan di dekat anus, jika disentuh perih, ukurannya kecil seperti bisul, tetapi pada saat BAB tidak mengeluarkan darah dan tidak sakit, karena berada di samping lubang anus dan baru dua hari benjolan itu muncul. Kenapa ya? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DAJ

Suatu benjolan di dekat anus dapat disebabkan beberapa hal seperti hemoroid/ambein, bisul/ abses perinal, kandiloma akuminata.

Pada Ambein yang masih awal biasanya didapatkan benjolan yang hilang timbul disertai nyeri yang terjadi akibat pelebaran pembuluh darah anus, jika pelebaran semakin besar makan benjolan dapat menyebabkan perdarahan akibat pecahnya pembuluh darah. Untuk tatalaksananya dapat secara konservatif pada tingkat awal dan pembedahan dengan mengagnkat semua benjolan ambeien

Sementara itu benjolan atau bisul/abses perianal juga terjadi didekat anus, kondisi ini akibat adanya infeksi bakteri, pada tahap awal benjolan akan semakin membesar dan nyeri, jika pecah akan mengeluarkan nanah dan bisa menyebabkan fistel/ bolong/celah lubang lain yang tembus ke anus. Untuk infeksi akibat abses bisa ditatalaksana dengan antibiotik hingga dilakukan pembedahan.

Benjolan lain didekat anus juga dapat terjadi seperti jengger ayam atau kutil yang disebut sebagai kandiloma akuminata, penyebabnya adalah infeksi Human papiloma virus. Penyakit ini merupakan bagian dari infeksi menular sexual akibat kontak sexual yang beresiko atau berganti-ganti pasangan. 

Jika terdapat benjolan di dekat anus saya sarankan anda untuk menjaga kebersihan anus, jangan memencet benjolan tersebut, mengkonsumsi makanan yang tinggi serat agar buang air besar lancar dan berkonsultasi dengan dokter spesialis Bedah (sp.B)

Salam sehat

dr. Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengobati bisul di bokong sebaiknya dilakukan oleh dokter agar tuntas

Cara Mengobati Bisul Akibat Kista Pilonidal yang Tumbuh di Bokong

Bisul yang muncul di ujung tulang ekor biasanya akibat adanya kista pilonidal yang terinfeksi. Kista pilonidal adalah sebuah benjolan di kulit yang terbentuk dari kotoran. Cara mengobati bisul dari kista pilonidal, sebaiknya butuh penanganan dari dokter.