03 Jun 2020, 17:33Penyakit Lainnya

Benjolan di belakang telinga, apakah pembengkakan kelenjar ?

OK
Info Penanya: OK0
Saya ingin tanya dok. Waktu bangun tidur tiba tiba kepala saya terasa sakit dan bagian belakang telinga saya nyeri, terdapat benjolan kalau dipegang sakit dok. Apa ini pembengkakan kelenjar dok? Apa yang harus saya lakukan untuk menangani ini.
18955 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat siang, OKS.Terimakasih atas pertanyaan Anda. Benjolan di belakang telinga merupakan keluhan yang dapat diakibatkan oleh berbagai faktor seperti infeksi pada organ sekitarnya, pembengkakan pada kelenjar getah bening dan faktor-faktor lainnya. Kendati lebih sering dialami oleh anak-anak, pembengkakan di belakang telinga dapat dialami semua usia dengan berbagai faktor penyebab. Mulai dari gangguan yang ringan maupun yang lebih serius.

Adapun berbagai penyebab benjolan di belakang telinga yang meliputi :

Terkait dengan keluhan benjolan di belakang telinga Anda yang terasa nyeri dapat disebabkan oleh infeksi pada organ di bagian kepala seperti telinga, tenggorokan (amandel/tonsil) serta organ lainnya yang berhubungan dan memicu pembengkakan kelenjar getah bening. Namun kemungkinan lainnya belum dapat disingkirkan karena tanpa pemeriksaan lebih lanjut.Apabila benjolan di belakang telinga yang Anda alami benar diakaibatkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening, penanganannya akan mengacu pada kondisi medis yang mendasari. Salah satu yang paling sering adalah infeksi bakteri. Pada keadaan terssebut, dokter umumnya akan meresepkan antibiotik khusus untuk mengatasi infeksi bakteri tersebut. Apabila telah tertangani, benjolan di belakang telinga akan dapat berangsur mengecil hingga menghilang dengan sendirinya.Untuk penyebab lainnya secara spesifik akan dilakukan tindakan sesuai dengan faktor penyebab yang mendasari. Pada jenis benjolan dengan penyebab lainnya, mungkin membutuhkan tindakan operasi untuk mengatasinya seperti pada benjolan lipoma atau pada infeksi tulang mastoid (mastoiditis).Apabila nyeri yang dirasakan dirasakan cukup ringan, sementara Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri golongan asetaminofen yang dijual bebas di apotek. Namun, apabila nyeri memberat disertai benjolan yang semakin membesar, segeralah memeriksakan diri untuk mendapatkan penanganan yang tepat.Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
benjolpembengkakanpembesaran kelenjar getah bening
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil