19 May 2021, 10:27Penyakit Lainnya

Kenapa timbul benjolan bawah telinga dan demam?

AC
Info Penanya: AC0
Halo dok, Saya mau menanyakan, ada benjolan di leher bawah telinga kanan dan kiri sehabis bangun tidur pagi kemarin, sebelah kanan agak besar benjolannya, sedangkan sebelah kiri agak kecil. Setelah itu badan saya pegal2, terus disertai panas, radang tenggorokan (nelan makanan agak sakit), nelan lendir terus padahal tidak flu, lalu pusing. Sampai sekarang badan saya masih panas dok. Apakah salah posisi tidur atau ada penyakit lain dok? Terimakasih
291 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, SPTerima kasih atas pertanyaannya.Benjolan di leher atau bawah telinga dapat menjadi penanda adanya infeksi di tubuh ataupun adanya kelainan baik tumor ataupun kista. 

Penyebab benjolan di bawah telinga :

  • Infeksi di telinga yang menimbulkan rasa gatal, nyeri, berdenging ataupun keluar cairan dari telinga.
  • Pembesaran kelenjar getah bening karena respon tubuh saat mengalami paparan infeksi.  Infeksi bisa terjadi di pernapasan, kulit, pencernaan hingga saluran kemih.
  • Benjolan lipoma atau sejenis tumor kelenjar lemak yang timbul dimanapun hanya saja tidak menimbulkan nyeri dan mudah digerakkan.
  • Bisul atau infeksi kulit karena bakteri sehingga bisa timbul rasa nyeri berdenyut di benjolan, kemerahan hingga adanya nanah di dalam benjolan.
Demam adalah penanda anda sedang mengalami infeksi.  Infeksi bisa terjadi karena radang di tenggorokan.  Lendir muncul karena tenggorokan yang terinfeksi sehingga produksi lendir berlebih untuk membantu mengatasi kuman di tenggorokan.  Jadi kemungkinan benjolan anda terjadi karena pembesaran getah bening.

Cara awal mengatasi benjolan di bawah telinga :

  • Atasi infeksi yang sedang dialami dengan banyak minum air putih, kompres handuk hangat pada ketiak dan leher.
  • Minum obat parasetamol tiga kali sehari untuk menurunkan panas dan mengurangi nyeri baik nyeri kepala, badan, dan tenggorokan.
  • Kurangi makanan pencetus iritasi tenggorokan.
  • Tambahkan vitamin untuk membantu melawan infeksi.
Bila benjolan semakin besar padahal badan sudah segar kembali, periksa ke dokter untuk pemeriksaan langsung pada benjolan. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
radang saluran pernapasaninfeksi tenggorokaninfeksi telingabisullipomapembesaran kelenjar getah bening
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil