Benjolan dibawah rahang, apa penyebabnya?

AV Info Penanya: AV, Wanita, 45 Tahun
Dok saya ada benjolan kecil dibawah rahang sebelah kanan dan paha atas depan tp sifatnya lunak kalo dipegang nyeri apalagi kl kesentuh...apakah itu kelenjar getah bening?dokter spesialis apa yg bisa saya hubungi?apakah ada pemeriksaan dulu?sperti apa pemerilsaannya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AB,

Benjolan di bawah rahang adalah benjolan yang bisa timbul ketika tubuh mengalami infeksi, kondisi ini bisa disebabkan karena pembengkakan kelenjar getah bening. Benjolan ini dapat membesar saat kita mengalami batuk pilek, infeksi saluran napas, ataupun infeksi lain. Benjolan ini juga dapat mengecil dan menghilang dengan sendirinya.

Penyebab lain benjolan di bawah rahang

Apabila benjolan tidak mengecil, terasa nyeri ataupun teraba lebih hangat dapat disebabkan oleh penyebab lain seperti:

Untuk itu perhatikan ada tidaknya gejala lain yang menyertai seperti batuk, pilek, demam, nyeri menelan ataupun gejala lain. Apabila tidak membaik, timbul rasa nyeri bisa mengonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol dan kompres dengan air hangat atau air dingin.

Periksakan pada dokter umum jika benjolan tetap menetap untuk dipastikan kemungkinan penyebabnya, jika diperlukan akan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan lab darah, USG ataupun pemeriksaan lain. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh HF
20 May 2020, 04:59
Dok saya haid akhir bulan dan selesai tanggal 27 selisih 2 hari haid lagi...setelah 8 hari selesai 2 hari kemudian haid lagi..sudah periksa ke dokter lalu di beri obat pemberhentian darah sama penambah darah dok....malam sebelum tidur saya minum obat lalu pagi nya darah bnyak keluar dari haid beberapa hari ini ....itu gimana dok?apa penyebab nya...saya masih lajang dan belum menikah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
20 May 2020, 06:22
Selamat pagi HF, kemungkinan perdarahan disenabkan karena pengaruh hormon ataupun gangguam fisik rahim misalnya mioma uteri. Anda bisa berkonsultasi kembali ke dokter spesialis kandungan agar dilakukan pemeriksaan USG. Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Limfadenopati adalah bengkak pada kelenjar getah bening yang bisa jadi pertanda kanker

Limfadenopati, Bengkak pada Limfa yang Mungkin Gejala Penyakit Serius

Limfadenopati adalah pembengkakan pada kelenjar getah bening. Kondisi ini sangat berbahaya jika tidak diobati karena bisa menyebabkan komplikasi yang parah.