20 May 2020, 04:03Penyakit Lainnya

Benjolan dibawah rahang, apa penyebabnya?

AV
Info Penanya: AV, Wanita, 45 Tahun
Dok saya ada benjolan kecil dibawah rahang sebelah kanan dan paha atas depan tp sifatnya lunak kalo dipegang nyeri apalagi kl kesentuh...apakah itu kelenjar getah bening?dokter spesialis apa yg bisa saya hubungi?apakah ada pemeriksaan dulu?sperti apa pemerilsaannya?
49516 Views
4 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang AB,Benjolan di bawah rahang adalah benjolan yang bisa timbul ketika tubuh mengalami infeksi, kondisi ini bisa disebabkan karena pembengkakan kelenjar getah bening. Benjolan ini dapat membesar saat kita mengalami batuk pilek, infeksi saluran napas, ataupun infeksi lain. Benjolan ini juga dapat mengecil dan menghilang dengan sendirinya.

Penyebab lain benjolan di bawah rahang

Apabila benjolan tidak mengecil, terasa nyeri ataupun teraba lebih hangat dapat disebabkan oleh penyebab lain seperti:
Untuk itu perhatikan ada tidaknya gejala lain yang menyertai seperti batuk, pilek, demam, nyeri menelan ataupun gejala lain. Apabila tidak membaik, timbul rasa nyeri bisa mengonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol dan kompres dengan air hangat atau air dingin.Periksakan pada dokter umum jika benjolan tetap menetap untuk dipastikan kemungkinan penyebabnya, jika diperlukan akan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan lab darah, USG ataupun pemeriksaan lain. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kelenjar getah beningkelenjar air liurpembesaran kelenjar getah bening
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil