20 Dec 2020, 11:25Kulit & Kelamin

Benjolan di kepala penis, berbahayakah?

HK
Info Penanya: HK0
Jadi gini tgl 1 desember saya melakukan perilaku seks . 3-5 hari yg lalu saya melihat ada benjolan dibawha kepala penis saya, kurang tahu benjolan ini sudah ada sebelum tgl 1 atau baru terjadi. Benjolannya agak keras , berwarna putih kuning sedikit. Ada seperti lubang kecil dipinggir benjolan ( bukan ditengah ) Apa ini bahaya ?
405 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, HK.Berbahaya atau tidaknya benjolan di kepala penis tergantung dengan penyebabnya. Pasalnya, kondisi yang dapat menyebabkan benjolan di kepala penis sangatlah bervariasi, mulai dari yang tidak membahayakan sampai yang cukup serius. Tentunya, masing-masing kondisi memiliki karakteristik benjolan yang berbeda-beda dan perlu dilakukan pemeriksaan tatap muka untuk memastikan.Namun, sebagai informasi umum, berikut beberapa penyebab benjolan di kepala penis yang umum dialami:
  • papul penis
  • kista
  • jerawat
  • limfokel
  • kondiloma akuminata
  • herpes genital
  • kutil kelamin
Dari penyebab-penyebab di atas, tiga penyakit terbawah berhubungan dengan infeksi menular seksual, terutama apabila hubungan seks berisiko. Misalnya, seks dengan gonta-ganti pasangan dan tanpa menggunakan kondom.Sebagai penanganan awal, Anda dapat memantau dulu benjolan ini. Hindari berhubungan intim atau onani untuk sementara waktu. Agar kebersihan penis terjaga, rutinlah membasuh penis setiap setelah buang air kecil. Lalu, pilih bahan celana yang longgar dan menyerap keringat agar penis tidak lembab.Apabila selama seminggu benjolan tak kunjung mengecil, atau tiba-tiba membesar dan terasa nyeri, segera konsultasikan kondisi Anda kepada dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
kelamin laki-lakipenyakit menular seksualinfeksi menular seksual
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil